fbpx
Home / Gaya Hidup / Foodie / Selain Nasi, Berikut Ini Adalah Sumber Karbohidrat Yang baik Untuk Tubuh

Selain Nasi, Berikut Ini Adalah Sumber Karbohidrat Yang baik Untuk Tubuh

Karbohidrat adalah sumber dari energy dalam tubuh yang dikonsumsi dari makanan. Seorang peneliti tentang diet mengatakan bahwa karbohidrat adalah makronutrein. Dalam tubuh membutuhkan kalori untuk membuat tenaga, salah satu dari komponen tersebut adalah karbohidrat. Mengkonsumsi karbohodrat sehari-hari  dapat memberikan energy dalam tubuh. Karbohidrat memberikan bahan bakar kepada tubuh untuk sistim saraf pusat dan memberikan dorongan kepada otot yang berguna saat melakukan aktivitas.

Karbohodrat juga mencegah protein yang digunakan sebagai sumber energy tubuh dan meningkatkan metabolisme lemak, menurut Lowat State University. Jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sangat banyak. Di Indonesia bermacam-macam makanan yang berkarbohidrat banyak macamnya, seperti nasi yang digunakan sebagai makanan utama sehari harinya, jagung yang diolah menjadi nasi, dan umbi-umbian.

Selain itu, banyak juga makanan yang mengandung karbohidrat yang bagus untuk dikonsumsi sebagai sumber energy dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dijadikan makanan sampingan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi selain nasi:

  1. Ubi

Ubi berasal dari jenis umbi-umbian. Ubi biasanya ditanan di daerah yang beriklim tropis. Untuk mengkonsumsinya, ubi bisa dioalh menjadi berbagai jenis makanan. Bisa dengan cara digoreng, di rebus, maupun dibakar.

BACA JUGA  Hati-Hati! Ini yang Akan Kamu Alami Bila Komedo Sudah Jadi Langganan

Ubi jalar memiliki sumber potassium dan Vitamin A dan C, selain itu dalam satu ubi berukurang sedang dengan kulitnya memiliki karbohidrat sebanyak 23.61 gram.

  1. Jagung

Jagung juga berasal dari jenis tanaman biji-bijian. Jagung sering dikonsumsi masyarakat dengan cara di campurkan dengan sayuran, dijadikan lauk juga bisa dicampurkan dengan salad. Jagung juga biasanya dijadikan nasi. Dalam 100gram jagung memiliki 25 gram karbohidrat dan 3 gram protein.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang umum ditemukan di berbagai tempat. Pisang memilikikandungan karbohidrat yang tinggi, meskipun hanya makan pisang tetapi tetap kenyang karena pisang memiliki karbohidrat yang tinggi. Dalam satu buah pisang berukurang sedang, memiliki 26.9 gram karbohidrat. Pisang memiliki kalium, Vitamin A dan C yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Beras Merah

Beras merah cocok menjadi alternatif  untuk orang yang sedang melakukan diet untuk pengganti nasi putih. Satu cangkir beras merah mengandung 36 gram karbohidrat, dan beras merah mengandung serat yang tinggi dan antioksidan.

 

  1. Oats

Oats termasuk kedalam jenis biji-bijian. Mengkonsumsi oats dapat  menyebabkan perut merasa kenyang lebih lama. Secangkir oats memiliki 27 gram karbohidrat, 5 gram peotein, dan 4 gram serat.

BACA JUGA  Jangan Khawatir! Ini Dia Tips Menjaga Berat Badan Bagi Kamu yang Hobi Makan

 

Itulah beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang dapat dijadikan makanan pengganti nasi putih.

About Rizki

Check Also

8 Butter Terbaik, Merk & Jenis Butter Terenak | Terbaru 2020

Butter adalah sebuah campuran makanan yang sering digunakan oleh orang pada umumnya untuk dijadikan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *