fbpx
Dalam NegeriGaya HidupTravel

Sejumlah Tempat Wisata di Semarang Masih Menunggu Surat Keputusan Rekomendasi Dari Gugus Tugas Untuk Membuka Kembali Objek Wisata

Di Semarang Jawa Tengah sejumlah destinasi wisata masih menunggu surat keputusan Rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengenai kebijakan tentang dibukanya tempat wisata saat new normal untuk masyarakat umum. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi  sebelumnya memberikan kelonggaran terhadap beberapa desninasi wisata di Semarang tentang menyusulnya surat perpanjangan pembatasan kegiatan masyarakat tahap keempat yang dilakukan tanggal 22 Juni sampai 5 Juli yang akan datang.

“Untuk sementara ini kami belum buka karena sedang menunggu surat rekomendasi dari Ketua Gugus Tugas Covid-19 kota Semarang”, kata Anandita Rinaldie selaku General Manager Wisata Sam Poo Kong, Selasa (23/06/2020).  Saat menunggu surat keputusan, kana Anindita pihaknya juga sedang menyiapkan pembukaan obyek wisata kelenteng bersejarah ini sesuei dengan penerapan protokol kesehatan yang telah di tulis dalam peraturan Covid-19.

Protokol kesehatan yang disiapkan itu seperti adanya fasilitas yang menunjang untuk digunakan oleh wisatawan, juga disemprotkan disinfektan secara, mendirikan posko kesehatan, juga menyiapkan perlengkapan perlindung diri atau APD yang digunakan oleh seluruh karyawan. “kami sedang proses mendapatkan surat, tentunya ada syarat yang harus kami penuhi yaitu standar dari prosedur kesehatan,” kata dia.

BACA JUGA  Hilang Kontak, Fiber KM Gemilang 717 di Temukan Oleh Nelayan

Trisna Cahyani selaku Manager Museum Lawang Sewu dan Indonesia Railway Museum mengatakan juga kalau pihaknya masih menunggu keputusan tentang pembukaan objek wisata dari jajaran KA Pariwisata. “Lawang Sewu belum dibuka. Keputusan buka baru akan ditentukan hari ini dalam rapat jajaran BOD PT KA Pariwisata,” jelasnya.

Trisna juga menjelaskan tentang salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu penerapan protokol kesehatan untuk wisatawan dan juga untuk pengelola atau karyawan Lawang seru itu sendiri. “Kami sudah menyiapkan APD lengkap untuk seluruh karyawan, fasilitas wastafel juga kami tambah 8 unit,” tambahnya. Indriyasari selaku Kepala Dinas Pariwisata mengatakan bahwa Pemkot Semarang telah mengizinkan obyek wisata untuk dibuka kembali setelah masa PKM yang diperpanjang sejak 22 Juni yang lalu.

“Objek wisata boleh dibuka, tapi tentunya dengan prosedur. Ini masih dalam tahap pengajuan setelah itu kita lakukan pengecekan. Setelah dipastikan protokol kesehatan akan diterapkan pengelola, baru kita berikan rekomendasi,” kata Trisna. Ia juga mengatakan tentang 30 pengelola objek wisata di Kota Semarang sudah mengajukan rekomendasi untuk membuka objek wisata yang sesuei dengan syarat dan ketentuan yang berdasarkan pada protokol kesehatan.

BACA JUGA  Cara Ampuh Ini Pasti Berhasil Mengusir Kebosananmu Saat Beraktivitas Sehari-Hari

“Sejauh ini objek wisata di Semarang belum ada yang dibuka. Yang baru mengajukan per hariini sekitar 30 pengelola. Setelah perpanjangan PKM kemarin kita lakukan sosialisasi tentang tata caranya kepada pengelola. Setelah itu mereka mengajukan dan langsung hari ini kami langsung lakukan pengecekan,” katanya.

Trisna juga menambahkan mengenai beberapa objek wisata yang sudah melakukan simulasi mandiri yang sesuei dengan peraturan dan SOP yang digunakan sebagai syarat pengujian.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close