fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriTeknologi

Sedang Viral! Aplikasi Pencatat Amal Layaknya Malaikat Raqib dan Atid

Bagi umat islam, siapa yang tidak kenal dengan malaikat Raqib dan Atid. Yap, dua malaikat yang wajib kita kenali tersebut, ditugaskan oleh Allah untuk mencatat amal baik serta amal buruk kita. Untuk malaikat Raqib yang mencatat amal baik memiliki posisi di kanan kita, sedangkan Atid yang mencatat amal buruk berada di kiri kita.

Selayaknya seperti malaikat yang mencatat pahala dan dosa, aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk mencatat amal perbuatan manusia baik itu amal kebaikan maupun amal keburukan.

Menurut ustadz Muhammad Yusron Shidqi yang merupakan putra bungsu dari KH. Hasyim Muzadi, beliau menilai bahwa melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengevaluasi diri secara sederhana.

“Aplikasi ini adalah sebuah upaya membantu penggunanya untuk muhasabah (evaluasi diri) secara sederhana, sebagai sebuah simulasi bagaimana perhitungan amal sehingga membuat kita lebih waspada dalam berbuat,” kata pria yang akrab disapa Gus Yusron itu.

Menurut Gus Yusron, malaikat tidak akan melewatkan perbuatan besar maupun perbuatan sekecil apapun, sehingga perbuatan seperti rasa iri, benci, sum’ah, ujup, dan lainnya mungkin tidak tersedia dalam aplikasi ini.

BACA JUGA  Kabar Baik, Besok Jepang Cabut Deklarasi Darurat Covid-19, Aktivitas Kembali Normal
Sumber: Kurio

Aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store ini baru dibuat pada 28 April lalu, meskipun baru aplikasi ini sudah mendapatkan bintang 4,5.

Aplikasi ini diklaim dapat membantu dalam mencatat kesalahan dan kebaikan anda setiap hari.

Menu utama yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu dosa dan pahala. Dalam menu dosa tersedia beberapa jenis dosa, seperti berbicara kotor, membantah orang tua, hibah, ingkar janji, dan mencuri. Sedangkan dalam menu pahala, akan muncul amalan baik seperti salat, dzikir, sedekah, membaca Alquran, berpuasa, dan lain-lain.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyajikan grafik dosa dan pahala, serta tabel dosa dan pahala, anda juga dapat menambahkan jenis dosa-dosa lainnya.

Dengan ukuran 4,9 MB, aplikasi yang dibuat oleh Mahmud Fauzi ini telah didownload lebih dari 500 kali.

Sementara itu, di dunia maya ramai dibicarakan tentang setuju atau tidak nya aplikasi ini. Ada yang setuju, ada juga yang lebih menyerahkan perhitungan kebaikan dan keburukan kita kepada Allah SWT.

BACA JUGA  Fitur Terbaru Dari Oppo Color OS 7.2

“Harapannya adalah dengan mulai memperbaiki amal secara global, kita akan memperbaiki amal yang lebih detail,” ujar Gus Yusron, yang juga pengasuh Ponpes al-Hikam Depok, Jawa Barat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close