fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanFenomena AlamLuar Negeri

Sedang Santai, Tak Sangka Wanita Ini Temukan Benda Ini

Tak menyangka seorang wanita menemukan gigi megalodon saat berjalan-jalan dengan anjingnya di Eglin, barat laut Florida, awal bulan ini. Wanita itu sudah sering melewati jalan tersebut. Namun baru menemukan gigi megalodon belum lama ini. Pada awalnya, wanita ini mengira ini hanyalah benda bergerigi biasa yang tak ada maknanya. Sehari setelahnya, wanita ini kembali lagi ke benda tersebut dengan seorang temannya. Kemudia selanjutnya di amati lebih seksama oleh tiga ahli paleontologi dari Universitas Florida, mereka mengungkap bahwa gigi itu benar milik Carcharocles megalodon.

Arti dari Megalodon yang berarti gigi besar adalah spesies hiu raksasa yang sudah punah. Megalodon merupakan predator puncak yang mendominasi lautan sekitar sekitar 23 hingga 2,6 juta tahun lalu pada kala Miosen Awal hingga Pliosen Akhir. Berdasarkan temuan fosil yang sudah pernah ditemukan, para ahli percaya spesies ini panjangnya lebih dari 18 meter, tiga kali lebih besar dari ukuran rata-rata hiu putih besar (great white shark). Berdasarkan data dari Museum yaitu National History di London, gigi megalodon dapat tumbuh hingga 7 inci, kira-kira seukuran pisang.

BACA JUGA  Banyaknya Pembawa Virus OTG, 24 Perawat Tertular Covid-19

Berdasarkan penelitian seekor megaledon memang memiliki 276 gigi dan kekuatannya diperkirakan sekitar 109.514 sampai 182.201 Newton (N). Sebagai perbandingan, gigitan manusia kekuatannya sekitar 1.317 N dan hiu putih besar kekuatan gigitan sekitar 18.216 N. Para ahli curiga bahwa gigi itu ada di Eglin saat jalan tanah dibangun. Dilansir Newsweek, fragmen-fragmen batuan yang menempel pada gigi megalodon memberi petunjuk di mana lokasi asalnya.

Sumber: Shutterstock Mark Kostich

Richard C. Hulbert Jr sekalu manajer koleksi, Divisi Paleontologi Vertebrata di Museum Sejarah Alam Florida, sebagian besar akar gigi hilang di satu sisi. Sisanya lebih lengkap dan berisi bebatuan asli.

Dengan ditemukan bagian dari gigi Hiu ini sebenarnya merupakan sebuah petunjuk penting mengenai sumber asli spesimen, selebihnya gigi ini telah berusia jutaan tahun. Kayla yakni orang yang menemukan gigi itu memberitakan temuannya tersebut kepada Northwest Florida Daily News.  Dengan ditemukan fosil gigi ini, menandakan bahwa disinilah di Teluk Meksiko sebagai lokasi pada zaman dahulu Hiu Megalondon tersebut hidup pada zaman dahulu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close