fbpx
Home / CORONA UPDATE / Sebelum Naik Pesawat, Ketahui Dulu Protokol Kesehatan Yang Harus Diterapkan

Sebelum Naik Pesawat, Ketahui Dulu Protokol Kesehatan Yang Harus Diterapkan

Di saat fase new normal yang saat ini sudah diberlakukan, banyak kendaraan umum yang juga sudah diperbolehkan untuk melakukan kegiatannya. Meskipun sudah diperbolehkan, namun pemerintah menghimbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Dengan adanya himbauan tersebut, lalu bagaimana penerapan protokol kesehatan saat menaiki transportasi udara? Untuk saat ini maskapai pesawat terbang diperkenankan hanya membawa penumpang hingga 70 persen dari kapasitasnya. Hal itu seperti yang dilakukan di dalam pesawat milik Lion Air Group yang menerapkan pengaturan sistem jarak aman (physical distancing) di dalam pesawat saat melakukan penerbangan.

Danang Mandala Prihantoro sebagai Corporate Communication Strategic of Lion Air Group mengatakan bahwa mereka melakukan hal itu untuk mengedepankan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan saat penerbangan. Serta sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” jelasnya, Kamis (18/6/2020).

Dalam pelaksanaan protokol kesehatan tersebut, prioritas pengaturan penumpang dilakukan dengan konfigurasi tempat duduk dan pengaturan kursi penumpang. Untuk baris kursi (row) bagian depan merupakan penumpang grup dan penumpang yang telah memiliki uji kesehatan PCR/Swab Covid-19 dengan hasil yang negatif. Sementara itu, baris kursi yang berikutnya akan disesuaikan, dengan demikian para penumpang akan duduk di dekat jendela dan lorong kabin.

BACA JUGA  Kemenag Memberi Kebijakan Keringanan UKT Kepada Mahasiswa PTKIN

Mereka juga mengatakan bahwa seluruh penumpang harus mematuhi protokol kesehatan dan menyediakan kursi pada baris paling belakang yang diperuntukkan sebagai area karantina. Hal tersebut juga diperuntukkan untuk penumpang yang membutuhkan penanganan khusus yang terindikasi gejala Covid-19.

Mereka dalam mengupayakan penerapan secara sistematis dan mengakomodirnya, telah mengatur sistem pada fasilitas layanan pelaporan (check in). Pengaturan tersebut berfungsi untuk dilakukannya jarak aman antar penumpang saat duduk di dalam pesawat. Sementara itu untuk awak kabin dan petugas layanan darurat akan tetap membantu dalam teknis pengaturan jarak saat berada di dalam kabin pesawat.

Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa untuk penumpang di dalam kabin kursi di baris pintu dan jendela darurat harus terisi sesuai dengan ketentuan kriteria dewasa (minimal 18 tahun).

“Diutamakan untuk penumpang yang tidak bepergian bersama keluarga, memenuhi ketentuan fisik (kondisi sehat jasmani dan rohani),” ujar Danang.

About syharil

Check Also

Kabar Baik! Pemerintah Siapkan Kuota Internet Gratis untuk Pembelajaran Daring

Para provider berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik bagi para pelanggannya, seperti Tri yang juga menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *