fbpx
HobiMobil & MotorTrik & Tips

Sebelum Memakai Mobil di Era New Normal, Pastikan Mesin Mobil Anda Aman Untuk Digunakan

Di saat adanya virus Corona, pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah guna memutus rantai penyebaran virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan tersebut. Dengan adanya aturan itu, membuat mobil yang biasa kita pakai menjadi jarang dipakai atau bahkan tidak dipakai lagi.

Mobil yang jarang dipakai akan menimbulkan berbagai masalah. Untuk itu, saat pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang kehidupan normal atau juga disebut dengan new normal, maka mobil yang jarang dipakai akan kembali kita pergunakan untuk melakukan berbagai kegiatan di luar rumah.

Namun sebelum kita memakainya, kita perlu memperhatikan dan mengecek kondisi mobil sebelum menggunakannya di masa new normal seperti yang dikutip dari keterangan resmi Auto2000 akhir pekan lalu.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak beberapa penjelasan berikut ini.

  1. Pemeriksaan sebelum menyalakan mesin

Sebelum menyalakan mesin, ada baiknya kita melihat beberapa kondisi mobil seperti ban dan juga kolong mobil. Pastikan tekanan angin ban sudah cukup untuk digunakan, selain itu pastikan juga di kolong mobil tidak ada hal-hal ganjil seperti adanya tetesan oli.

BACA JUGA  Protokol Kesehatan Untuk Pedagang dan Pembeli Dari Menteri Kesehatan

Setelah itu, cek kondisi oli baik ketinggian oli maupun warna oli, jika oli berwarna seperti kopi susu kemungkinan oli telah terkontaminasi air. Kemudian cek juga radiator , wishper wiper, minyak rem, air aki, serta jalur kabel karena ada risiko pada sistem kelistrikannya.

  1. Pemeriksaan saat menyalakan mesin

Saat menyalakan mesin, cek kinerja kelistrikan. Dengan cara sebelum mesin benar-benar dinyalakan, nyalakanlah klakson dan mainkan lampu luar, jika berjalan lancar maka tidak ada masalah dalam sistem kelistrikan atau aki. Setelah itu putar kontak ke posisi ‘on’ kemudian lihat apakah ada lampu indikator yang mati. Jika tidak, nyalakan mesin, kalau mesin susah dinyalakan atau malah tidak bisa dinyalakan, ada kemungkinan aki soak.

Setelah itu, jika sudah menyalakan mesin, perhatikan apakah ada suara aneh yang timbul, jikalau ada carilah sumber suaranya. Perhatikan lagi lampu indikator, apakah kerjanya tidak normal seperti mati atau berkedip-kedip, sambil mengeceknya cobalah mainkan pedal gas untuk mengetahui apakah ada keanehan pada mesin.

  1. Pemeriksaan saat berkendara
BACA JUGA  WFH, Apakah Perlu Mobil dan Motor di Panasi Tiap Hari ?

Saat anda akan berkendara, masukkan transmisi ke gigi ‘D’ atau gigi 1, rasakan apakah ada masalah saat proses mobil berjalan. Jika mobil sudah berjalan, coba injak rem untuk memastikannya¬† bekerja dengan baik. Selain itu, saat mobil berjalan, coba rasakan apakah ada bunyi pada kaki-kaki, rasakan juga kinerja rem plus setir. Periksa juga level bensin dan jika dibutuhkan isi tidaknya separuh tangki untuk mengurangi resiko bensin terkontaminasi uap air.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum mengendarai mobil di fase new normal. Jikalau ada masalah pada tahapan tersebut, segera hubungi bengkel resmi kepercayaan anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close