fbpx
UncategorizedUnik & Lucu

Sangat Menggemaskan, Inilah 5 Hewan Terkecil di Dunia

Di dunia ini, hewan merupakan makhluk yang sangat sering kita jumpai, hewan dengan berbagai jenisnya memiliki banyak sekali ukuran dan bentuk tubuh. Mulai dari ukuran yang paling besar hingga dengan ukuran yang paling kecil.

Dilansir dari Indozone.id, inilah beberapa hewan dengan ukuran terkecil di dunia yang imut dan menggemaskan.

  1. Bunglon Terkecil, Brookesia Micra
Sumber: Science Source

Biasanya kita melihat bunglon berukuran sekitar 20 cm, namun berbeda dengan hewan yang bisa melakukan kamuflase hebat yang satu ini. Brookesia Micra, bunglon jenis ini ditemukan pada 14 Februari 2020 di Madagascar yang memiliki panjang tubuh sekitar 29 milimeter atau 2,9 cm saja. Tentu untuk kita akan sulit melihatnya, karena mengingat ukuran tubuhnya yang sangat kecil.

  1. Hiu Terkecil, Dwarf Lanternshark
Sumber: Wikipedia

Kita biasa melihat hewan ini di film dengan ukuran tubuh yang besar serta nampak menyeramkan. Namun berbeda dengan hiu yang satu ini, Dwarf Lanternshark, hiu ini tidaklah menyeramkan karena hanya memiliki ukuran sekitar 20 cm. Dengan ukuran yang tidak jauh berbeda dengan sebuah pensil, kamu dapat menemukan hewan ini di perairan Colombia dan Venezuela.

  1. Gajah Terkecil, Macroscelides Micus
BACA JUGA  Rincian Lika Liku Naik Turunya Harga Emas Antam
Sumber: Harapan Rakyat Online

Yang sering kita kenal, Gajah merupakan hewan dengan tubuh besar dengan belalai yang panjang yang hidup di daratan. Namun kamu pasti tidak menduganya, karena spesies gajah terkecil di dunia hanya memiliki panjang sekitar 9 sampai 22 cm. Meskipun mirip dengan tikus, Macroscelides Micus ini masih termasuk dalam keluarga gajah loh.

  1. Monyet Terkecil, Pygmy Marmoset
Sumber: Auckland Zoo

Hewan yang kita ketahui hidup bergelantungan di pohon ini ternyata memiliki spesies yang sangat mungil, bahkan panjangnya tidaklah melebihi sebuah pulpen. Jika diukur, Pygmy Marmoset yang merupakan jenis dari monyet ini memiliki panjang sekitar 15 cm saja loh. Spesies hewan ini dapat kita temukan di Ekuador dengan masa hidup hingga 12 tahun di alam liar atau 20 tahun di kebun binatang.

  1. Laba-laba Terkecil, Patu Digua
Sumber: World’s Biggest Animals – WordPress.com

Meskipun kita mengetahui bahwa kebanyakan laba-laba memanglah berukuran kecil, namun berbeda dengan jenis laba-laba yang satu ini yang justru memiliki ukuran yang sangat jauh lebih kecil. Spesies hewan yang berasal dari Colombia ini hanya memiliki ukuran sekitar 0,059 cm loh, dan pasti kita akan sangat sulit untuk menemukannya karena ukuran yang bahkan sulit untuk dilihat. Hewan ini bukan hanya merupakan laba-laba terkecil di dunia, namun spesies laba-laba ini juga termasuk dalam spesies terlangka.

BACA JUGA  Kisah Haru Sebuah Keluarga Di Tengah Wabah Covid-19

Itulah tadi beberapa hewan yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia. Apakah kamu sudah pernah melihatnya secara langsung?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close