fbpx
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Sakit Diare? Mungkin Ini Penyebabnya (Wajib Tahu)

Sakit Diare? Mungkin Ini Penyebabnya (Wajib Tahu)

Di dalam kesehatan, diare merupakan penyakit yang menjadikan penderitanya sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer. Penyakit ini sangatlah menyebalkan, disamping dapat membuatmu bolak-balik ke kamar mandi, diare juga dapat membuat badanmu terasa lemas.

Biasanya, orang menganggap bahwa penyakit ini disebabkan oleh makanan, namun diare juga bisa disebabkan oleh penyebab lain. Dilansir dari Merdeka, inilah beberapa hal yang tidak kita sadari yang menjadi penyebab munculnya diare.

  1. Mengonsumsi Sorbitol

Tidak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa ada sorbitol di dalam makanan yang mereka makan, hal ini tentu juga bisa menyebabkan mereka mengalami diare. Sebagai informasi, sorbitol adalah suatu pemanis buatan yang banyak di temukan di dalam produk bebas gula, seperti permen karet, obat batuk, minuman berenergi, jus, dan selai.

Saat kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sorbitol, hal itu akan memicu air untuk masuk ke saluran usus yang bisa menyebabkan diare. Sebaiknya periksalah komposisi makanan sebelum kamu mengkonsumsinya.

  1. Olahraga Berlebihan
BACA JUGA  Ini Dia Langkah-Langkah Membuat Kelas Daring di Google Classroom, Simak Penjelasannya!

Yang dinamakan olahraga pasti akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Namun hal itu tidak berlaku apabila kamu melakukan olahraga secara berlebihan, karena akan dapat berakibat buruk pada pencernaanmu.

Saat kamu melakukan olahraga terlalu berat, hal itu akan menyebabkan suplai darah pada saluran pencernaan dan otot berkurang. Tidak hanya menyebabkan kram, namun hal itu juga dapat memicu terjadinya diare dan bahkan pendarahan saat buang air besar. Sebaiknya tentukanlah porsi olahragamu dengan benar.

  1. Adanya Parasit Giardia

Untuk diketahui, parasit giardia merupakan salah satu penyebab diare yang sulit untuk dideteksi, parasit ini merupakan salah satu jenis parasit yang bisa hidup di air segar pada alam terbuka. Parasit ini bisa masuk ke dalam saluran pencernaan dan menyebabkan bakteri. Banyak orang tidak mengetahui bahwa parasit ini telah masuk dalam tubuhnya karena memang ukurannya yang sangatlah kecil, salah satu tanda jika diaremu disebabkan oleh parasit ini adalah adanya bau belerang pada kotoran. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya minumlah minuman yang benar-benar sehat dan bersih.

  1. Mengonsumsi Antibiotik
BACA JUGA  Tips, Agar Berat Badan Tetap Ideal Bahkan Berhasil Diet Saat Puasa

Meskipun antibiotik dapat membunuh parasit ataupun meredakan penyakit, namun antibiotik juga dikenal dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti diare. Ini dikarenakan antibiotik bisa mengubah bakteri dalam makanan serta menyebabkan keseimbangan antara bakteri baik dan buruk menjadi rusak. Hal inilah yang membuatmu mengalami diare.

  1. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Saat kamu mengonsumsi alkohol, hal ini tidak hanya akan membuatmu menurunkan kemampuan otak dan merusak liver, namun juga termasuk masalah kesehatan kecil seperti diare. Diketahui bahwa minuman beralkohol mengandung karbohidrat yang sangat besar, jika kamu meminumnya, karbohidrat akan terfermentasi dalam usus yang akan menyebabkan produksi gas meningkat dan memicu diare.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat memicu terjadinya diare, untuk itu sebaiknya hindari lah beberapa hal diatas supaya kamu tidak mengalami penyakit yang sangat menyebalkan ini. Untuk mengatasinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang kamu percayai.

About syharil

Check Also

Cek Nomer Smartfren | Cara Mengecek Nomer Smartfren dengan Mudah

Cek Nomer Smartfren | Cara Mengecek Nomer Smartfren Smartfren menjadi salah satu provider paling diminati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *