fbpx
Dalam NegeriFoodieGaya HidupViral

Ruben Onsu Bermasalah! Diduga Ingin Curi Resep dari PT Ayam Geprek Benny Sujono?

Baru-baru ini terjadi sebuah kasus antara Ruben Onsu dengan PT Ayam Geprek Benny Sujono tentang hak legal mengenai penamaan produk mereka masing-masing atas nama “Bensu” pada kuliner mereka.

Ruben diduga sudah mencuri nama merk ‘I Am Geprek Bensu Sedap Bener/Beneerrr milik PT Ayam Geprek Benny Sujono atau “Bensu’. Perkara tersebut dijelaskan dalam salinan putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dalam laman resmi yang dimiliki Mahakan Agung  (MK).

Dalam salinan tersebut disebutkan bahwa, Ruben melalui adiknya yaitu Jordi Onsu meminta kepada pemilik PT Ayama Geprek Bennu Sujono untuk memperkerjakan seorang karyawan yang ditempatkan di bagian dapur milik PT Ayam Geprek BenSu menjadi sebagai petugas quality control.

Waktu saat itu, Jordi telah bergabung dengan PT tersebut sebagai manajer operasional. Dan sang kakak, Ruben sebagai duta promosi perusahaan tersebut.

“Jordi Onsu meminta agar satu orang karyawannya dapat dipekerjakan di bagian dapur atau sebagai quality control bisnis makanan bermerk “ I AM Geprek Bensu Sedap Bener/Beneerrr”,” pernyataan yang tertulis dalam salinan putusan.

BACA JUGA  Intip, Resep Mudah Churros ala Disney

Motif dari rencana yang menempatkan karyawannya di bagian dapur adalah untuk mengetahui tentang resep dan cara memasaknya.

“Patut diduga, dipekerjakannya karyawan di bagian dapur atau sebagai quality control adalah sebagai untuk mengetahui resep yang digunakan dan cara masak yang digunakan dalam bisnis makanan “I Am Geprek Bensu Sedap Bener/Beneerrr” yang  sangat digemari oleh masyarakat luas yang ada di Indonesia”, isi lanjutan dari salinan tersebut.

Saat Juli 2017 Jordi menarik kembali karyawannya, pada Agustus 2017, Ruben membuka sebuah usaha kuliner yang diberi nama “Ayam Geprek Bensu” yang memiliki kesamaan pada makanan yang disajikan, logo yang digunakan, tata letak ruangan yang sama dengan kuliner milik “ I Am Geprek Bensu Sedap Bener/Beneerr”.

Setelah dibuka usaha kuliner milik Ruben dan Jordi, kemudian menimbulkan kebingunan di masyarakat, yang dimana konsumen dari I Am Geprek Bensu Seda Bener/Beneerrr beralih pada Ayam Geprek Bensu.

Pada mei 2018, Ruben meminta permohonan kepada pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor 284/Pdt.P/2018/PN.Jkt.Sel tentang singkatan usahanya Bensu adalah dari namanya Ruben Samual Onsu.

BACA JUGA  Viral, Video Seorang Pria Diterkam Macam Tutul, Namun Diselamatkan Sekawanan Anjing

Kemudian Ruben mengajukan gugatan di Kepaniteraan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri yang teregalisir dengan Nomor 57/Pdt/Sus-HKI/Merek/2019/PN Niaga Jkt.Pst pada Agustus 2019. Dalam gugatanya, Ruben sebagai penggugat dengan dua tergugat, yaitu PT Ayam Geprek Beny Sujono dan Pemerintah Republik Indonesia antara lain Kemetrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Direktorat jendral Hak Kekayaan Intelektual, dan Direktorat Merk dan Indikasi Geografis.

Ruben mengaku bahwa dirinya sebagai pemilik hak akan nama ‘Bensu” dalam usaha kulinernya. Namun pada pengadilan 13 Januari 2020 lalu, Hakim Pengadilan Negeri Pusat memutuskan bahwa PT Ayam Geprek adalah pemilik dan pemakai pertama yang sah atas merek I Am Geprek Bensu Sedap Bener/Beneerrr.

Hakim juga meminta agar nama merek pendaftaran Ruben Samuel Onsu mencoret dari daftar Merek di Indonesia. Ruben dikenakan denda perkara sejumlah Rp 1.911.000.00.

Ruben meminta kasasi kepada Mahakam Agung pada 23 April atas Putusan Mahkamah Agung, tetapi pada 20 Mei kasasi tersebut ditolak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close