fbpx
FoodieGaya HidupTrik & Tips

Resep Biji Salak, Pas Buat Menu Buka Puasa

Sumber: SayuranKita

Biji salak merupakan sajian unik yang pastinya boleh banget buat buka puasa kalian. Teksturnya yang kenyal, enak, dan manis bisa menjadi menu takjil di bulan Ramadhan. Biji ini terdiri dari ubi jalar dan gula merah, serta santan sebagai kuahnya. Mudah kan bahan- bahan nya, kalian juga pasti bisa kok membuat biji biji kolak sendiri di rumah. Cara pembuatannya tidak repot dan tidak sesulit yang dibayangkan.

Tipsnya ada di saat menguleni adonan biji salak. Apabila adonan terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air. Bila adonan terlalu lembek atau lengket, bisa ditambahkan lagi sedikit tepung kanjinya. Berikut resep dan cara membuatnya:

Untuk adonan biji salak

500 gram ubi jalar merah
50 gram tepung kanji
1/4 sendok teh garam
250 gram gula jawa
250 ml air

Cara membuat biji salak:

  1. Kukuslah dahulu ubi hingga matang dan lembut, serta kupas. Selagi panas lumatkan ubi hingga halus. Sisihkan 3/4 bagian ubi halus, campur dengan tepung kanji dan garam hingga membentuk adonan.
  2. Bentuklah adonan bulat-bulat dengan tangan. Siapkan panci dan air, panaskan hingga mendidih lalu masukkan biji salak dan tunggu hingga semuanya mengapung ke permukaan. Angkat dan tiriskan.
  3. Rebuslah gula Jawa dengan air hingga gula larut, angkat dan saring agar kotoran dalam gula Jawa bisa dipisahkan. Didihkan kembali gula merah dan masukkan sisa ubi halus, biji salak rebus dan aduk hingga rata.
  4. Untuk membuat saus santan, kamu hanya memerlukan 500 ml santan yang diperas dari setengah butir kelapa parut, 1 lembar daun pandan yang sudah dipotong- potong, dan 1/4 sendok teh garam.
  5. Rebus santan bersama pandan dan garam hingga mendidih. Angkat dan sajikan bersama semangkuk biji salak hangat.
BACA JUGA  Beginilah, 2 Tips Ampuh Memasak Rendang Agar Empuk & Tidak Mudah Hancur

Nah, tips dan resep diatas mudah bukan? So, jangan bingung buat sajian menu buka puasa sederhana namun lezat rasanya. Selamat mencoba ya.

Untuk tambahan, kalian juga bisa loh buat varasi bubur kacang hijau biji salak. Caranya hampir sama dengan pembuatan biji salak diatas namun, kalian harus membuat bubur kacang hijau. Hasilnya,pasti dijamin enak dan mantap deh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close