fbpx
FoodieGaya HidupTrik & Tips

Resep Bakpao Kukus Sederhana, Lumer di Mulut

Selama  moment bulan puasa ini, pastinya kalian pengen kan makan berbuka dengan sesuatu yang enak dan pastinya udah di buat bukan? Ya, kali ini kita akan  membahas bagaimana cara membuat bakpao sederhana yang lumer di mulut.  Bakpao memang bisa dikategorikan sebagai semacam roti. Roti berwarna putih yang lembut ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi agar mengembang, kemudian diberi isian pada bagian tengahnya. Untuk isian Bakpao ini sekarang tersedia dengan berbagai varian rasa sepeerti  daging saja, bisa isi coklat, strawberry, kacang tanah, kacang hijau, dan banyak macamnya. Untuk membuat bakpao yang lembut dan mengembang, tidaklah sulit. Yang penting adalah teknik yang tepat dalam membuatnya. Berikut adalah tips dan resep dalam memuat bakpao kukus yang lumer di mulut:

Bahan-bahan:

300 gr tepung terigu protein rendah

60 gr tepung maizena

8 gr ragi

1/2 sdt Baking powder

Garam secukupnya

30 gr mentega putih

100 gr gula halus

150 ml air dingin

BACA JUGA  Yuk Kenali Makanan Yang Baik Untuk Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Bahan isian:

Selai coklat (atau selain lain sesuai selera)

Cara Membuat Bakpao:

  1. Siapkan wadah besar yang bersih. Taruh lah tepung terigu dan gula halus seacar rata lalu aduk lah hingga rata. Masukkan tepung maizena, ragi, dan baking powder lalu aduk hingga rata.
  2. Tuangkan lah air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Uleni hingga adonan tercampur rata dan pastikan tidak ada gumpalan tepung. Masukkan lah garam dan mentega putih. Dalam proses ini, uleni lagi dengan tangan hingga tercampur secara sempurna.
  3. Diamkan adonan selama 30 menit. Jangan lupa untuk menutup wadah dengan kain. Kalian juga bisa dengan mencipratkan sedikit air ke penutup wadah tadi.
  4. Ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi bulatan kecil. Bentuk hingga adonan habis.
  5. Diamkan bulatan adonan selama 10 menit.
  6. Kemudian, buatlah buat adonan tadi kemudian pipihkan dan masukkan isian sesuai selera, bentuk bulat lagi.
  7. Selanjjtnya, coba diiamkan bulatan adonan tersebut yang sudah diisi selama 30 menit.
  8. Siapkan pengukusan dengan api sedang. Sekarang saatnya kukus lah bakpao selama 30 menit atau hingga bakpao matang. Bakpao siap disantap selagi hangat.
BACA JUGA  Stop Memikirkan Pandangan Orang Lain Terhadapmu! Hal Ini Bisa Berakibat Buruk, Ini Penjelasannya

Nah, demikian tips dalam membuat bakpao kukus yang lumer. Pastinya cocok juga untuk berbuka puasa kalian. Selamat mencoba ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close