fbpx
Dalam NegeriTravel

Presiden Jokowi Optimis Perbaikan di Sektor Pariwisata Pasca Covid-19

Sumber : Youtube Sekretariat Presiden

Dengan  mewabah virus corona yang sedang di alami seluruh dunia termasuk Indonesia memberikan efek berarti bagi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) turun secara signifikan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa jumlah kunjungan wisman pada Februari 2020 sebesar 885,1 ribu orang. Data tersebut merost turun dibanding bulan sebelumnya yaitu sebesar 1,27 juta orang.

Berdasarkan data wisman yang masuk, sebanyak 558,9 ribu sekitar 63% masuk lewat jalur udara, lantas 208,5 ribu sekitar 24% lewat jalur laut dan 117,7 ribu sekitar 13% lewat jalur darat. Untuk jalur masuk udara, diketahui di Bandara Ngurah Rai mengalami penurunan sangat signifikan, yakni sejumlah 32%. Sementara itu di laut, Tanjung Uban juga mengalami penurunan hingga 55,9%. Sedangkan di darat penurunan terbesar terjadi di Jayapura yang turun hingga 44,07% (dikutip dari idntimes)

Dalam arahan rapat terbatas live di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/4/20) mengenai Mitigasi Dampak COVID-19 terhadap Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Presiden Jokowi Widodo meyakini bahwa virus corona akan segera berakhir pada akhir tahun ini. Beliau juga yakin bahwa sektor pariwisata akan segera meningkat lagi pada tahun depan. Berikut point penting dalam rapat terbatas mengenai sektor pariwisata:

  1. Optimis Tahun Depan Bangkit Kembali
BACA JUGA  Kontroversi May Day di Tengah Covid-19

Di hadapan menterinya, Presiden Jokowi menuturkan rasa optimis bahwa sektor pariwisata bisa bangkit        kembali dengan alas an pasca pandemik virus corona ini masyarakat memiliki keinginan untuk ke luar rumah dan berlibur.

  1. Jangan pesimis di tengah pandemik COVID-19

Presiden Jokowi mengatakan, saat masa pandemik virus corona ini jangan sampai Indonesia terjebak dalam pesimisme. Pemerintah nantinya justru tidak bisa memanfaatkan sektor pariwisata.Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menegaskan bahwa sektor pariwisata menjadi salah satu yang diperhatikan saat wabah virus corona di Tanah Air. Pasalnya, pariwisata menjadi salah satu yang terdampak cukup besar lantaran tak ada kegiatan ekonomi.

Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah telah bersiap untuk menyambut turis-turis asing yang sudah siap untuk berlibur usai wabah virus corona. Hal yang perlu dilakukan pemerintah adalah menyiapkan suntikan insentif di sektor pariwisata.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close