fbpx
GadgetTeknologiTrik & Tips

Ponsel Androidmu Hilang? Gunakan Fitur Ini Untuk Mengunci dan Mengamankan Data dari Jarak Jauh

Ponsel adalah barang yang sangat sering kita pakai setiap harinya, bahkan bisa dikatakan bahwa tidak ada hari dimana ponsel tidak kita butuhkan. Dengan itu, pasti ponsel sangatlah penting bagi setiap orang. Disaat kita kehilangan ponsel entah itu terjatuh di suatu tempat ataupun dikarenakan adanya pencurian yang seakan-akan telah menjadi resiko saat mempunyai ponsel khususnya saat berada di tempat umum.

Saat kehilangan ponsel, pasti kita telah banyak menyimpan data-data yang kita miliki, hal ini tentu berarti kita juga kehilangan data-data seperti nomor telepon teman atau kerabat, file seperti foto dan video, serta seluruh akses ke berbagai media sosial yang ada di ponsel kita serta keamanan ponsel yang tentu bisa terbobol.

Hal tersebut juga akan semakin membahayakan apabila data-data yang ada di ponsel dikuasai oleh pencuri, apalagi mereka memiliki niat jahat yang tidak terbayangkan kepada kita, baik itu masuk ke dalam sosial media kita sampai mengambil alih data-data dan media sosial kita.

BACA JUGA  Catat, Inilah Beberapa Benda yang Wajib ada di Tas Kantong Kamu di Masa New Normal

Namun kalian yang memiliki ponsel android tidak perlu khawatir lagi saat mengalami kehilangan ataupun pencurian ponsel tersebut. Hal ini dikarenakan kalian bisa memanfaatkan fitur keamanan Android Device Manager yang dapat digunakan untuk mengunci dan menghapus data android sesegera mungkin setelah kejadian kehilangan ponsel. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, mari kita simak beberapa penjelasan berikut.

Cara Mengunci dan Menghapus Data Android dari Jarak Jauh

Banyak orang yang tidak mengerti fitur Android Device Manager, fitur ini dapat membantu pengguna untuk mencari lokasi, menghapus data, mengunci android yang dicuri atau hilang dengan hanya menggunakan jaringan internet. Meski memiliki fitur yang sangat berguna, namun banyak yang tidak mengetahui cara menggunakan fitur tersebut. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak poin-poin berikut ini.

  1. Masuk ke situs Android Device Manager melalui PC/laptop
  2. Kamu bisa login disana dengan menggunakan akun Google yang sama dengan akun android yang ada di ponsel yang hilang atau dicuri.
  3. Setelah itu akan ada tampilan untuk kamu pilih tipe dan ikon smartphone yang sedang terhubung dengan akun Gmail tersebut.
  4. Selain itu juga ditampilkan keterangan lokasi, waktu, dan jarak pengguna dengan smartphone yang hilang.
  5. Jika kamu ingin menghapus data atau Factory Reset, Klik tombol “Siapkan kunci & Hapus” kemudian klik Oke.
  6. Dengan begitu ponsel android yang hilang akan otomatis terkunci dan datanya terhapus.
BACA JUGA  iPhone 12 Akan Dijual Tanpa Headphone, Strategi Supaya AirPods Studio Laris

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengamankan data-data yang ada di ponselmu yang hilang maupun dicuri. Namun meskipun begitu, dalam menggunakan fitur tersebut kamu juga harus menggunakan akun Google yang sama antara PC dengan android. Selain itu, kamu juga harus terkoneksi internet dan fitur GPS juga harus selalu aktif.

Terlepas dari itu,,sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam menyimpan ponsel, selalu awasi keadaan sekitar untuk memastikan kamu menggunakan ponsel di tempat yang aman.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close