fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Pohon Tabebuya Mekar di Surabaya, Menambah Pesona Cantik Kota Surabaya

Pohon Tabebuya Mekar di Surabaya, Menambah Pesona Cantik Kota Surabaya

Di Surabaya, Jawa Timur sejumlah pohon Tabebuya di beberapa titik di Jalan Pahlawan sudah mulai mekar. Seperti dalam sebuah social media, Instagram pemerintah kota Surabaya, @sapawargasby, dikutib pada Minggu (14/6/2020). Warna di sepanjang jalan ini naampak indah karena bunga Tabebuya sedang mekar, menambah rasa kagum yang seperti negara Jepang dengan buka Sakuranya. Bunga Tabebuya biasanya mekar saat bulan April, Oktober-November.

Pada tahun 2010, pemerintah Kota Surabaya sudah mulai menanam Pohon Tabebuya. Di Surabaya, warna dari Bunga ini dominan berwarna merah muda, putih, dan kuning. Tampak cantik dan indah menghiasi jalanan Pahlawan di Kota Surabaya.

Di kutip dari gardeningknowhow yang dilansir dari liputan6.com, Pohon Tabebuya berasal dari Hindia Barat dan Amerika Selatan, Tengah terutama di Brazil, pohon ini berbunga sedang hingga kecil. Terdapat 100 lebih jenis pohon di genius Tabebuya. Lebar mekar dari bunga ini sekitar1-4 inci yang menggantung dalam beberapa kelompok-kelompok yang membuatnya lebih cantik.

Bentuk dari bunga ini adalah tabung dan ringan di atanya dengan banyak benang sarinya. Banyak variasinya berwarna keemasan, ada juga yang berwarna merah muda dan ungu, dalam jenis lain ada juga yang berwarna putuh, magenta, atau merah tetapi warna ini sulit ditemukan.

BACA JUGA  Lomba Panjat Pinang Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sebagai Hiburan Acara Pernikahan dan Hajatan

Tempat tanam Tabebuya harus memiliki lokasi yang hangat. Pohon ini dapat beradaptasi dengan kondisi matahari yang terik, juga tahan akan hama dan penyakit.

Pohon ini memiliki kemiripan dengan pohon sakura, tetapi tidak dalam satu jenis. Berasal dari daerah yang beriklim kering sehingga memiliki daya tahan hidup yang tinggi dalam Negara yang subtropics dan tropis.

Nama Tabebuya adalah singkatan dari “Tacyba Bebuya” yang berarti semut kayu dalam bahasa Brazil. Pohon Tabebuya merupakan pohon pelindung yang membuat udara menjadi lebih bersih, bunganya bisa dijadikan pupuk ketika sudah berjatuhan dan sekaligus bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

Daun dari pohon Tabebuya tidak mudah rontok, sehingga ramah lingkungan dan terlihat lebih indah ketika bunganya mekar dan daunya lebat. Kelebihan pohon ini menjadikanya sebagai hiasan yang sekaligus berguna sebagai penyaring udara.

Moment-momen seperti ini banyak diabadikan oleh banyak orang di Surabaya, keindahanya menjadikan tempat tanaman Tebubuya di datangi oleh banyak orang.

About Rizki

Check Also

Tidak Diketahui Oleh Banyak Pelanggan Tri, Ternyata Inilah Fungsi Dari Poin Bonstri

BonsTri merupakan sebuah program atau even yang mengandalkan sebuah poin yang dikumpulkan dari provider atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *