fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanFenomena AlamLuar Negeri

Planet Baru Seukuran Bumi Kembali Ditemukan, Apakah Layak Huni ?

Para ilmuan tak henti-hentinya melakukan misi pencarian dunia baru yang mirip Bumi dan dapat ditinggali, terus dieksplorasi dan dijelajahi para ilmuwan. Saat ini para peneliti mendapatkan petunjuk baru akan adanya planet yang seukuran Bumi yang mana telah di deteksi sangat dekat dengan posisi tata surya kita. Mengitip dari laman  The Independent, Jumat (29/5/2020), planet tersebut berada di bintang terdekat tata surya, Proxima Centauri dan disebut sebagai Proxima b. Proxima b memiliki massa 1,17 Bumi dan berada di zona layak huni Proxima Centauri. Setelah dipantau, bintang tersebut mengitari plenet tiap 11 hari.

Dengan bantuan teleskop khusu, yang aday akurasi teleskop ini 3 kali HARPS, spektograf lain yang digunakan untuk mengukur kecepatan radial Proxima Centauri. Hal yang diamati adalah kecepatan radial laju perubahan jarak antara objek dan titik tertentu yang diamati. Logikanya, jika sebuah planet mengorbit bintang, akan menghasilkan tarikan gravitasi yang akan menyebabkan bintang bergerak mau dan mundur. Gerakan ini secara tidak langsung menggeser spektrum cahaya yang diamati dari bintang karena adanya pergeseran Doppler, yang dapat di lacak dengan alat yang cukup sensitif.

BACA JUGA  Konspirasi TERCYDUK, Virus Corona Bukan Berasal dari Wuhan
Sumber : Boombastis

Tanda- tanda pergeseran rendah di titik kecepatan Proxima Centauri, di amati langsung oleh ESPRESSO. Hal ini secara tidak langsung memberi pertanda akan adanya keberadaan planet ini.

Seorang ahli astrofisika yakni Michael Mayor menjelaskan bahwa ESPRESSO memang mungkin untuk mengukur massa planet dengan presisi lebih dari sepersepuluh massa Bumi. DIketahui Proxima Centauri berjarak sekitar 4,2 tahun sinar dari Matahari. Namun, NASA memprediksi membutuhkan waktu yang kurang lebihnya 72.000 tahun bagi kita untuk mencapai planet ini, kecuali ada teknologi baru yang mungkin dikembangkan.

Dengan hadirnya Proxima b memungkinkan dapat menampung kehidupan Meskipun Proxima b sekitar 20 kali lebih dekat dengan bintangnya, daripada Bumi terhadap Matahari, selain itu jumlah energi yang diterima sebanding. Peneliti memperkirakan jika planet tersebut memiliki air, maka exoplanet tersebut dapat saja menampung kehidupan. Meskipun demikian, masih banyak yang perlu diteliti dan dikonfirmasi untuk menyimpulkan potensi apakah planet ini layak huni atau tidak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close