fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriTeknologiViral

[VIDEO] Kondisi Pesawat TNI AU Jatuh di Pemukiman Warga, Pilot Dikabarkan Selamat

Pada pagi hari tadi, Senin (15/6/2020), pesawat tempur milik TNI AU jatuh di sekitar pemukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Beberapa warga mengaku bahwa melihat serta mendengar secara langsung saat pesawat tersebut jatuh.

Pengakuan tersebut dikatakan oleh seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya bahwa pesawat tempur TNI AU jatuh Sekitar 500 meter dari rumahnya, dan menimpa sebuah rumah dari warga yang bernama Markun.

“Belum diketahui apakah ada korban jiwa. Lokasi kejadian perkara sudah diblokade personel TNI AU,” ujarnya seperti dikutip dari berita Antara.

Saksi yang melihat jatuhnya pesawat tersebut mengaku saat itu ia berjarak 30 meter dari lokasi kejadian.

“Belum jelas apakah ada korban karena rumah itu biasanya kosong karena pemiliknya jarang di rumah,” ujar saksi lain yang juga enggan disebutkan namanya.

Saksi dari warga juga mengatakan bahwa mendengar bunyi ledakan keras saat kejadian tersebut, kemudian setelah itu ada seseorang yang memakai baju seperti pilot melayang di udara dengan parasut. Saksi tersebut mengira bahwa kejadian itu merupakan latihan terjun payung, namun ternyata ada sebuah pesawat yang jatuh.

BACA JUGA  Beginilah Tampilan Google Meet Mirip Zoom

Dari informasi yang diketahui, pesawat tempur TNI yang jatuh itu merupakan pesawat berjenis Hawk tipe 209 TT. Pesawat tersebut diterbangkan oleh Lettu Pnb Aprianto Ismail dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Hal tersebut juga dinyatakan oleh Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Fajar Adriyanto,  pesawat tersebut memang dikendalikan oleh pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail. Untuk kondisi pilot, dikabarkan bahwa ia telah selamat setelah melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat.

“Saat ini berada di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Kepala Dinas Penerangan TNI AU tersebut dalam keterangan tertulisnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa pesawat yang memiliki nomor registrasi TT-0209 yang jatuh tersebut merupakan pesawat tempur berjenis pesawat Hawk 209 kursi tunggal. Diketahui bahwa jatuhnya pesawat tersebut juga tidak jauh dari runway 36 Landasan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru.

Ini dia kondisi pesawat TNI AU yang jatuh.

Sumber: YouTube/BUANA CHANNEL

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close