fbpx
Gaya HidupTravel

Perlu Anda Tahu! Kemana Perginya Kotoran Manusia Saat Buang Air di Dalam Pesawat?

foto:tribunnews

Ketika anda sedang naik pesawat terkadang anda tidak sadar ketika buang air besar maupun kecil kemana perginya kotoran tersebut. Karena posisi sedang terbang otomatis tidak mungkin kotoran tersebut dibuang ke daratan begitu saja. Pastinya ada sebuah system atau alat yang dapat membantu membuang kotoran manusia yang ada di pesawat tersebut.

Memang Toilet yang ada dipesawat lebih sempit dibandingkan ketika menggunakan toilet dirumah atau didaratan. Namun secara fungsi masih tetap bisa digunakan secara normal. Namun akan terasa menyiksa ketika badan anda besar dan terjadi turbelensi didalam pesawat. Hal ini membuat aktifitas buang air anda menjadi tidak nyaman.

Pastinya pesawat tidak akan menggunakan literan galon untuk membersihkan kotoran. Karena selain tidak praktis hal ini akan menambah beban dipesawat dan membuat biaya bahan bakar lebih mahal. Sehingga ditemukan sebuah alat yang bisa mengatasi kemana kotoran manusia ini dibuang.

Pada mulanya pesawat menggunakan sistem pompa elektronik yang memindahkan limbah bersama dengan cairan penghilang bau yang disebut Anotec. Metode itu berhasil, tetapi Anotec tidak diinginkan karena alasan yang sama seperti menyimpan air yang mengakibatkan menambah beban pesawat.

BACA JUGA  ASTAGA, Apasih Istimewanya Kamu? Oreo Supreme Seharga Mobil Bekas

Akhirnya pada tahun 1980 pesawat menggunakan vakum pneumatik untuk menyedot cairan dan benda padatan ke bawah dan menjauh dari fixture (furniture menempel).  Cara kerjanya adalah Setelah Anda menekan tombol flush, katup di bagian bawah toilet terbuka, memungkinkan ruang hampa menyedot isi keluar.

Lapisan antilengket mirip dengan bahan Teflon mengurangi kemungkinan residu. Ia bergerak ke tangki penyimpanan di dekat bagian belakang pesawat dengan kecepatan tinggi, siap untuk awak darat untuk mengeringkannya begitu pesawat mendarat. Tangki kemudian dibilas menggunakan desinfektan. Sehingga akan membuat pesawat kembali bersih.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video dibawah ini :

sumber : youtube/ARF TRANSPORT INFO

Gimana apakah sudah mulai mengerti cara kerjanya? pastinya ini menjadi pengetahuan yang baru buat kita semua.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close