fbpx
Dalam NegeriGaya HidupKesehatanViral

Perjuangan Penjual Jamu Tradisional Yang Sukses Saat Masa Pandemi Covid-19

 

Dalam situasi yang sedang melanda dunia seperti ini, yang disebabkan oleh virus Covid-19 banyak dari perusahaan maupun bisnis kuliner yang berhenti sejenak dalam melakukan aktivitas dalam bekerja dan berdagang. Bahkan ada juga sebuah perusahaan dan bisnis perdagangan yang gulung tikar akibat mewabahnya Covid-19. Karena tidak adanya pembeli yang memesan produk atau hasil olahan. Para pembeli yang biasanya membeli makanan atau oalahan yang dikonsumsi siap makan kini mereka memasak sendiri. Namun, ada juga seorang pengusaha yang berjuang dengan giat saat masa seperti ini, menjual produknya dengan konsisten dan tidak menyerah.

Salah satu dari usaha tersebut adalah usaha jamu tradisional yang saat ini dicari oleh banyak masyarakat yaitu Jamu Tradisional Mbak Elis. Berlandaskan pada sebuah pepatah yang mengatakan “di balik sebuah musibah, pasti ada berkah,” itulah yang membuat para pengusaha tetap semangat.

Saat dalam masa seperti ini, jamu Tradisonal banyak dicari masyarakat karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Resep dari Jamu Tradisional Mba Elis ini diturunkan dari ibunya.

BACA JUGA  Wow! Negara Ini Memberikan Kesempatan Bagi Traveler Untuk Berlibur

“Awal mulanya usaha ini dari ibu saya yang berjualan jamu secara  keliling mulai dari tahun 200 sampai dengan 2007. Lalu pada 2007 ibusaya berhenti karena harus merawat nenek yang sedang sakit. Setelah melahirkan anak ke dua, ibu saya sering membuat jamu. Banyak dari saudara dan teman yang datang untuk menjenguk disuguhkan jamu. Mereka bilang jamunya enak, sehat, dan segar,” Katanya dalam acara ‘Jemput Rezeki’ yang di lansir dari liputan6.com.

Awalmulanya, modal usaha ini adalah 2 juta, hingga Listianingsih selaku pemilik usaha mampu membuat 100-150 botol perbulan yang untungnya sekitar 30 juta per bulannya. Dalam pemasaranya menggunakan media social.

“Itu sebelum adanya pandemi Covid-19, setelah adanya pandemi, omset saya mencapai 100 juta per bulan. Ada berkah dibalik musibah,” Katanya.

Sandiaga menilai tentang keberhasilan usaha yang dimiliki Listianingsih adalah sebuah hasil dari keberhasilan perjuangan dan kerja keras dari seorang ibu. Menurut Sandiaga, wabah pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia merupakan alasan menjadi berkah bagai para penjual jamu tradisional.

BACA JUGA  Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Cepat Secara Alami Tanpa Obat

“Di balik sebuah kesulitan, pasti ada peluang-peluang yang bisa dijadikan sebuah motivasi,” Kata Sandiaga Uno.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close