fbpx
Mobil & MotorTeknologiTrik & Tips

Perhatikan Penyebabnya, Mungkin Ini Yang Membuat AC Mobil Kurang Dingin

Saat kita tinggal atau sekedar singgah di kota degan penduduk yang padat, seperti halnya di Jakarta, Surabaya atau yang lain, kadang hal itu akan dapat membuat kita merasa kepanasan saat berada di dalam mobil. Hal ini tentu akan membuat kita menyalakan pendingin udara (AC) hingga full. Namun tentunya rasa panas yang kita rasakan akan berhasil teratasi bilamana AC dalam kondisi yang baik. AC yang tidak berfungsi dengan baik akan menghambat kinerja pada pendingin udara, sehingga tidak dapat bekerja secara optimal, hal ini disebabkan karena minimnya perawatan sehingga muncul beberapa gejala kerusakan pada AC.

Saat kita melakukan perawatan pendingin udara secara rutin, hal itu akan menyebabkan kita mengetahui kemungkinan kerusakan yang terjadi pada komponen pendingin udara, terutama untuk orang yang sering mengendarai mobil untuk menunjang kegiatan sehari-harinya. Sebaiknya lakukanlah perawatan rutin supaya terhindar dari kerusakan AC yang lebih parah.

Biasanya pengecekan utama di bengkel yakni terkait dengan bagian evaporator dari pendingin udara. “Biasanya terjadi penumpukan debu kotoran sehingga aliran udara dingin menuju kabin kualitasnya menurun,” jelas Technical Service Division head, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi.

BACA JUGA  Mimpi Buruk Terus Menerus, Mungkin Ini Penyebabnya. Simak Cara Mengatasinya!

Sebagai informasi, evaporator pendingin udara ini berfungsi untuk menyalurkan sirkulasi udara dingin dalam kabin mobil, juga termasuk mengubah freon menjadi bentuk gas yang dingin sehingga akan menghasilkan suhu udara yang nyaman bagi penumpang. Penyebab lain dari kurang kencangnya aliran udara dingin adalah karena adanya kebocoran pada kadar freon. Jika hal itu terjadi tentu rasanya akan berbeda, bahkan akan terasa seperti hembusan kipas angin biasa.

Kita juga dapat mengetahui gejala dari habisnya kadar freon saat putaran kompresor AC berhenti. “Gejala seperti ini terdeteksi dari pengecekan komponen pendingin di bengkel terdekat,” ujar Anjar menjelaskan.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk menangani masalah pendingin udara akan membutuhkan waktu yang bervariasi. Seperti pada bagian evaporator, saat akan dilakukan pembersihan atau pengecekan, hal ini akan dapat berlangsung selama setengah hari atau bahkan bisa sehari penuh karena harus melepas bagian dasbor.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close