fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriTravel

Penerbangan, Kereta Api, Bus, Dibuka, 4 Syarat Boleh Bepergian

Hari ini resmi dibuka seluruh moda transportasi umum, pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dan bus kembali beroperasi mulai Kamis 7 Mei 2020. Sayangnya, pemerintah tetap menyatakan bahwa mudik lebaran 2020 tetap dilarang.

Menteri Perhubungan (Menhub) yaitu Budi Karya Sumadi telah menerbitkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dan Surat Edaran dari Menko Perekonomian. Inti dari penjabaran Permenhub dan Surat Edaran Menko Perekonomian itu adalah memberikan kelonggaran untuk moda transportasi kembali beroperasi.

“Dimungkinkan semua angkutan udara, kereta api, laut, bus untuk kembali beroperasi dengan catatan satu, harus menaati protokol kesehatan,” kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR secara virtual, Rabu (6/5/2020) dikutip dari Kompas.com.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan sejumlah kriteria orang yang diperbolehkan melakukan perjalanan atau bepergian. Masyarakat tetap dilarang untuk mudik namun terdapat orang yang sejumlah intansi diperbolehkan melakukan perjalanan terkait Covid 19. Mereka adalah aparatur sipil negara, TNI/Polri, pegawa BUMN, lembaga usaha, NGO yang semuanya berhubungan dengan penanganan Covid-19.  Berikut merupakan empat syarat orang yang boleh bepergian menggunakan transportasi umum:

BACA JUGA  Kabar Baik, Pemerintah Selamatkan Layanan Transportasi Umum!
  1. Izin dari atasan atau surat pernyataan

Untuk dapat bepergian, orang yang dikecualikan itu harus mendapatkan izin dari atasan minimal setara dengan eselon II atau kepala kantor.  Bagi wirausaha yang tidak memiliki kantor harus membuat surat pernyataan dan ditandatangani di atas materai dan diketahui oleh kepala desa atau lurah setempat.

  1. Memiliki surat sehat

Surat keterangan ini harus diperoleh dari dokter rumah sakit, puskesmas atau klinik setelah melalui serangkai pemeriksaan baik PCR dan rapid tes.

  1. Menerapkan protokol kesehatan

Menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan aturan protokol kesehatan lainnya.

  1. Menunjukkan tiket pergi dan pulang.

Kepergian orang yang melakukan perjalanan mereka harus menunjukkan bukti tiket berupa tiket pergi dan pulang. Menhub juga mengingatkan dalam jumpa pers singkat tersebut pada Kamis 7 Mei 2020 untuk mentaati peraturan.  Bagi kalian yang ingin melakukan berjalanan atau bepergian jangan lupa syarat di atas ya.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close