fbpx
CORONA UPDATELuar NegeriTeknologi

Penemuan Baru: Pasien Sembuh Covid-19 Beresiko Cacat Permanen?

Belakangan ini, wabah Covid-19 tengah menjadi perbincangan oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia. Beberapa penemuan silih berganti muncul di mana-mana, mulai dari perkembangan virus, obat, hingga efek samping yang dialami oleh penderita penyakit ini.

Penelitian mengejutkan baru saja muncul sebagai efek samping dari Covid-19 yang saat ini sedang mewabah.

Dilansir dari laman Daily Mail, Senin (11/5/2020), ditemukan sebuah penelitian terbaru di Inggris yang menyebutkan bahwa efek samping dari pasien sembuh Covid-19 bervariasi, mulai dari mudah merasa lelah, kerusakan paru-paru dan jantung, hingga kerusakan otak.

Dalam suatu kasus, ditemukan seorang ibu berusia 48 tahun yang sembuh dari Covid-19, setelah dinyatakan sembuh hampir 9 minggu dilakukan perawatan, dokter mendiagnosis bahwa ia mengalami kardiomiopati dilatasi, peradangan otot jantung yang parah karena proses pemompaan darah yang terganggu, dokter juga menemukan bekas luka parah di kedua paru-parunya.

“Saya telah diberitahu (dokter) bahwa sebagian besar kondisi tubuh saya membaik, tetapi harus ditopang alat pacu jantung di masa depan atau melakukan transplantasi jantung. Saya masih berjuang untuk bernafas. Saya merasakan mual dan pusing yang sangat parah sehingga jika saya duduk. Saya harus berbaring kembali, saya hanya bisa tidur di sisi kanan saya untuk menghilangkan tekanan pada jantung,” jelasnya.

BACA JUGA  Whatsapp : Tips Melakukan Video Call dengan 8 Orang Sekaligus

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dia kehilangan beberapa ingatan, mata kiri yang bengkak, dan rasa sakit di kaki kirinya.

Secara terpisah, Profesor Nicholas Hart, seorang dokter paru-paru yang merawat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, menyinggung bahwa Covid-19 bisa berakhir menjadi “polio generasi baru”, dan menyebabkan efek samping di masa depan depan ketika pasien telah dinyatakan sembuh.

Selain itu, ia juga melihat adanya kesamaan kondisi fisik antara penderita polio yang sudah sembuh dengan pasien sembuh Covid-19 saat ini, yaitu menyebabkan kelumpuhan permanen pada satu atau lebih anggota badan, sakit otot, dan masalah persendian.

“Covid-19 adalah polio generasi saat ini, masih memiliki gejala ringan, sedang, dan berat. Sejumlah besar pasien akan mengalami cacat fisik, kognitif, dan psikologis pasca kritis yang akan membutuhkan manajemen jangka panjang,” ungkapnya via Twitter.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close