fbpx
Home / Gaya Hidup / Beauty / Penemuan Baru dari Mahasiswa UI: Tanaman Arbei Dapat Mencegah Penuaan Dini

Penemuan Baru dari Mahasiswa UI: Tanaman Arbei Dapat Mencegah Penuaan Dini

Sebuah penelitian dilakukan oleh seorang mahasiswa bernama Yesi Desmiaty dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. Dalam penelitiannya tersebut, ia berhasil membuatnya meraih gelar dokter dalam sidang pengujian akhir Mei lalu. Ia membuat disertasi yang berjudul ‘Telaah Aktivitas Antiaging Secara in vitro pada Ekstrak dan Isolat Teridentifikasi dari Rubus fraxinifolius dan Rubus rosifolius’.

Dalam penelitiannya itu, senyawa baru dari bahan alami ditemukan memiliki aktivitas anti penuaan dini yang juga dapat digunakan dalam pengembangan kosmetik. Penelitiannya tersebut terdapat pada dua jenis tanaman arbei, Rubus Fraxinifolius dan R. Rosifolius yang banyak ditemukan di dataran tinggi Indonesia.

Ia mengatakan bahwa kosmetik terutama produk anti-skin aging yang berasal dari alam, saat ini menunjukkan tren yang meningkat. Yesi juga menjelaskan bahwa beberapa rubus dilaporkan memiliki aktivitas antioksidan, antielastase, antitirosinase, antikolagenase, anti-UV, dan antiaging yang kuat.

Dari kedua jenis tanaman tersebut ia meneliti batang, buah dan daunnya. Di situ ia menemukan ekstrak metanol daun R. Fraxinifolius memiliki aktivitas antielastase dan antioksidan tertinggi dengan masing-masing IC50 57,45 dan 4,33 µg/ml. Dalam disertasi yang ia ajukan, ia menyebut senyawa tersebut merupakan senyawa dengan struktur baru serta isolat yang memiliki aktivitas antipenuaan dini dan juga dapat dimanfaatkan dalam pengembangan kosmetik alami.

BACA JUGA  5 Hal Ini Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Orang Gemuk

Riset yang dilakukan Yesi tersebut menjadi salah satu prospek pengembangan penemuan bahan alam anti penuaan dini, yang juga menjadi upaya pencarian senyawa aktif baru yang berkhasiat untuk menghambat elastase, tirosinase, dan peredam radikal bebas.

Sebenarnya, sebelum ini belum ada informasi tentang aktivitas anti aging kedua tanaman tersebut, oleh sebab itu penelitian yang dilakukan oleh Yesi ini diharapkan akan dapat memberikan informasi ilmiah baru tentang pemanfaatan tanaman R. fraxinifolius dan R. rosifolius.

Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan dalam penelitian selanjutnya yang akan dikembangkan menjadi persediaan kosmetik bahan alam yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat luas. Selain itu diharapkan juga dapat mendukung kemandirian bangsa dan negara dalam pemanfaatan salah satu sumber daya alam yang dimilikinya.

About syharil

Check Also

8 Butter Terbaik, Merk & Jenis Butter Terenak | Terbaru 2020

Butter adalah sebuah campuran makanan yang sering digunakan oleh orang pada umumnya untuk dijadikan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *