fbpx
Dalam NegeriTrik & Tips

Pendaftaran Kartu Pra-Kerja Resmi Dibuka, Simak Infonya

Program pendaftaran Kartu Prakerja telah resmi dibuka di laman prakerja.go.id pada Sabtu 11 April 2020 malam hari. Kartu ini  digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan. Sasaran penerima adalah warga berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Para peserta hanya diberikan bantuan lewat program ini sekali seumur hidup saja. Berikut ini simak cara pendaftaran dari program Kartu Prakerja:

Syarat Kartu Pra-Kerja

1.Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun (saat mendaftar)

2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Hal- hal yang perlu disiapkan

1. Data lengkap diri bersama Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP

2. Nomor telepon (aktif)

3. Email (yang masih aktif)

Cara mendaftar di prakerja.go.id

1. Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang masih aktif.

2. Klik kolom Daftar

3. Kemudian pilih menu metode verifikasi.

4. Lalu masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun email.

5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan kamu sudah punya akun Kartu Pra Kerja.

BACA JUGA  Sedang Viral! Dukun Sakti Ini Mengaku Dapat Sembuhkan Corona Dengan Ramuan Air, Gula, Garam, dan Permen

Memilih Pelatihan

Setelah berhasil mendaftar dan memiliki akun, kamu dapat memilih model pelatihan baik secara online atau offline. Adapun pelatihan dipilih lewat plaform digitar mitra, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Bukalapak, Pintaria, Mau Belajar Apa, Sekolahmu, Sisnaker dan Pijar Mahir. Kamu akan mendapat saldo secara non tunai melalui platform OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI). 

Selanjutnya, peserta dapat memilih jenis pelatihan melalui layanan SISNAKER lalu membayar biaya pelatihan menggunakan saldo yang didapat dari Kartu Pra Kerja.

Mengikuti Pelatihan

Peserta wajib mengikuti pelatihan yang sudah dipilih secara mandiri oleh peserta. Dalam pelatihan ini peserta akan mendapatan sertifikat uang insentif senilai Rp 600 ribu dan akan kamu terima selama 4 kali. Pemerintah juga akan menambah uang insentif sebesar Rp 50 ribu untuk biaya survey kebekerjaan sebanyak tiga kali.

Keterangan diatas merupakan beberapa syarat, ketentuan dan cara yang diberlakukan dalam pendaftaran kartu pra kerja. Persiapkan dirimu sebelum mendaftar ya, lengkapi syaratnya dan juga isi lah sejumlah data lengkap. Semoga berhasil. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close