fbpx
Gaya HidupHobiMobil & Motor

Pecinta Mobil Jadul Harus Tahu! Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Jadul Butuh Oli yang Lebih Kental

Para pecinta mobil lawas atau jadul pasti memiliki impian untuk memiliki walaupun hanya salah satu dari beberapa mobil tersebut. Diketahui bahwa mobil lawas biasanya memiliki gaya retro atau gaya hidup yang terinspirasi dari masa lalu.

Namun meskipun mobil lawas, biasanya harga sering menjadi hambatan bagi para pencintanya. Memang sudah tua namun mobil-mobil jadul memiliki harga yang cukup tinggi bahkan ada yang setara atau malah melebihi nilai harga dari mobil terbaru.

Selain harganya yang tinggi, perawatan mobil-mobil retro ini juga membutuhkan biaya yang tinggi. Apabila kamu memiliki mobil seperti ini, maka sebaiknya kamu perlu mengetahui beberapa tips dalam merawat mobil keluaran tahun lama agar tetap awet.

Memang tidak sedikit perbedaan dari mobil lama dengan mobil keluaran terbaru. Untuk mobil keluaran terbaru memiliki teknologi yang canggih yang pastinya tidak dimiliki oleh mobil mobil lama. Meskipun begitu, untuk performa mesin serta kecepatan mobil-mobil lama juga patut untuk diperhitungkan, karena banyak juga mobil lama yang masih bisa melaju kencang disebabkan perawatan yang baik.

BACA JUGA  Drakor The King: Eternal Monarch Sudah Memasuki Episode 7, Lee Min Ho Semakin Memukau

Namun tahukah anda, bahwa mobil keluaran lama atau mobil tua membutuhkan oli yang lebih kental dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru? Oli mobil memang harusnya disesuaikan dengan spesifikasi mesin untuk mencapai pelumasan komponen yang optimal, hal ini sesuai dengan penjelasan yang dikutip dari Tribunnews.

diketahui bahwa mobil keluaran terbaru biasanya menggunakan oli yang lebih encer dikarenakan mesin yang masih baru dan kontruksi mesin ringkas dan padat. Sementara itu mobil yang tua membutuhkan oli kental karena menyesuaikan jenis oli dan penggunaan kendaraan.

“Karena semakin sering mesin bekerja, ada perubahan celah dari konstruksi komponen di dalamnya menjadi lebih longgar,” ujar Alvin Suwarna.

Mobil tua yang sudah cukup lama dan sering digunakan dalam perjalanan jauh biasanya akan terjadi pelebaran celah konstruksi di dalam mesin yang terjadi karena adanya friksi. Memang karena mesin yang telah bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan menyebabkan pelebaran celah konstruksi.

“Oli kental diperlukan supaya sirkulasi oli tetap lancar dan bisa naik ke komponen bagian atas mesin mobil,” jelasnya.

BACA JUGA  Wow, Diskon Besar-Besaran Mobil MPV di Tengah Covid-19

Ia juga menambahkan bahwa tingkat keausan pada komponen mesin cukup tinggi yang membuat gerak komponen lebih berat. Sehingga hal ini akan membuat panas lebih tinggi daripada mobil baru. Untuk mengatasi hal tersebut maka viskositas oli harus lebih besar sehingga tidak mengalami pemuaian.

Menurutnya, apabila menggunakan oli yang encer dikhawatirkan oli tidak akan bisa naik ke atas yang menyebabkan beberapa komponen tidak terlumasi oleh oli.

“Selain itu titik penguapan oli encer juga lebih rendah daripada oli kental, mesin rentan mengalami panas dan oli cepat rusak,” tutup Alvin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close