Breaking News
Home / Review Product / Pastikan Performa Mesin Motor Anda Tetap Terjaga, dengan Piston Motor yang Sehat

Pastikan Performa Mesin Motor Anda Tetap Terjaga, dengan Piston Motor yang Sehat

Piston merupakan sebuah sumber geser yang berada dalam silinder mesin pembakaran yang terdapat dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa. Piston berfungsi sebagai komponen penggerak pada mesin motor yang melakukan gerakan naik dan turun untuk melakukan siklus kerja yang dilakukan oleh mesin. Tenaga hasil pembakaran lalu diarahkan ke cranksaft oleh piston, dengan membentuk ruang bakar sesuai dengan kapasitan yang dapat diampu oleh mesin tersebut.

Piston menjadi komponen yang penting guna mendapatkan performa mesin yang baik. Bila kita memiliki piston yang sehat, maka tarikan mesin akan lebih cepat dan akselerasi akan terasa lebih nyaman. Tetapi bila piston motor anda telah mengarami kerusakan, sangat berimbas pada kinerja mesin. Menjadi lebih boros bahan bakar dan performanya yang menurun merupakan efek dari piston motor yang anda miliki mengalami masalah. Banyak faktor yang dapat membuat piston motor menjadi cepat rusak, seperti kurangnya perawatan mesin hingga cara kita yang kasar dalam mengemudikan motor.

Bagaimana cara merawat piston motor dengan benar?

Bagaimana cara merawat piston motor dengan benar?

Piston menjadi hal penting dalam mesin motor, maka dari itu kita harus merawatnya dengan benar. Cara agar piston motor anda tetap sehat yaitu :

– Melakukan service secara rutin : service yang rutin membuat kita mengetahui akan gejala – gejala buruk pada mesin kita, sehingga kita dapat mengatasinya dengan cepat dan tepat.

– Menjadwalkan pergantian oli mesin : oli mesin menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan piston motor anda. Usahakan mengganti oli mesin bila jarak tempuh mesin telah mencapai 10.000 KM, atau setiap 3 bulan sekali.

– Menggunakan motor dengan benar : memacu mesin dengan kasar dan tidak benar, dapat menyebabkan piston mesin anda bermasalah. Maka dari itu pakailah motor dengan baik dan benar.

Apakah ciri – ciri bila piston motor kita mengalami masalah?

Apakah ciri – ciri bila piston motor kita mengalami masalah?

Berikut ini merupakan ciri – ciri bila piston motor anda mengalami masalah, yaitu :

– Motor ngebul

– Tenaga mesin menurun

– Mesin susah dihidupkan

– Oli mesin cepat habis

– Mesin terdengar kasar bila mesin motor anda memiliki ciri seperti diatas, maka lekas ganti piston motor anda dengan yang baru, agar tidak timbul masalah lain yang disebabkan oleh piston motor yang telah rusak.

Apa merk oli mesin yang baik untuk piston motor kita?

Apa merk oli mesin yang baik untuk piston motor kita?

Oli motor memanglah hal penting dalam menjaga kesehatan piston motor anda, maka pilihlah oli mesin yang memiliki kualitas baik agar piston tetap sehat. Contoh oli mesing yang sudah dikenal mampu menjaga kesehatan piston motor adalah TOP 1, Shell, Yamalube, Motul, dan Castrol.

Apakah piston motor yang rusak dapat diperbaiki kembali?

Apakah piston motor yang rusak dapat diperbaiki kembali?

Rata – rata bila piston motor mengalami masalah, cara mengatasinya adalah dengan mengganti piston yang baru dengan memiliki ukurang yang lebih besar dari awalnya. Piston motor yang rusak mengakibatkan goresan – goresan kecil pada blok mesin. Maka blok mesin tersebut harus diratakan dengan cara dibubut, otomatis ukuran blok menjadi lebih besar dari piston sebelumnya. Maka kita menggantinya dengan piston yang ukuranya lebih besar agar sesuai kembali dengan blok mesin.

Setelah melihat ulasan diatas, pastikan anda merawat dan menggunakan motor anda dengan baik dan benar. Pastikan memberikan service rutin pada motor anda, agar piston yang menjadi komponen penting motor dapat terjaga dengan baik.

About arz

Check Also

As Roda Motor : Bagian Tersembunyi Pada Motor yang Layak Diperhatikan

As merupakan sebuah poros yang sering digunakan sebagai sumbu ataupun pusat sebuah lingkaran roda. As …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *