fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanLuar NegeriUncategorized

Beginilah, Citra Terbaru Planet Jupiter

Akhir- akhir ini para astronom memperlihatkan jelas citra terbaru dari planet Jupiter. Tampak tertangkap secara jelas dapat di lihat dengan Teleskop Gemini di Hawaii menggunakan inframerah, dan menjadi salah satu citra Jupiter yang paling jelas, yang pernah diambil dari Bumi.

Untuk menghasilkan resolusi yang tampak jelas tersebut, para ilmuwan menggunakan teknik yang disebut “gambar beruntung” dengan menghilangkan efek kabur ketika mengobservasi planet itu melalui atmosfer yang bergejolak di Bumi. Metode ini dilakukan dengan membuat beberapa eksposur target dan mempertahankan segmen-segmen dari gambar di mana atmosfer yang bergejolak itu minimal.

Ketika gambar beruntun itu disatukan dalam sebuah mosaik, citra itu tampak jernih, jauh melebihi yang dihasilkan sebuah foto tunggal. Sedangkan untuk inframerah adalah panjang gelombang yang lebih panjang daripada cahaya yang tampak dan lebih sering dideteksi oleh teleskop seperti teleskop Hubble.

Sumber: NASA ESA A.Simon

Cara ini merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk melihat melewati kabut dan awan tipis di bagian atas atmosfer Jupiter. Dengan tujuan untuk memberikan para ilmuwan kesempatan untuk menyelidiki lebih dalam tentang aktivitas planet. Selebihnya, para peneliti ingin memahami dengan lebih baik apa yang membuat dan menopang sistem cuaca gas raksasa Jupiter, dan khususnya badai besar yang dapat mengamuk selama beberapa dekade dan bahkan berabad-abad.

BACA JUGA  Kenalan Yuk dengan Diet Sirtfood, Membuat Adele Turun Hingga 22 kg

Berdasarkan penelitian tersebut yang menghasilkan gambar inframerah ini dipimpin dari University of California di Berkeley. Hal tersebut adalah merupakan salah satu dari program pengamatan bersama yang melibatkan Hubble dan pesawat ruang angkasa Juno yang saat ini mengorbit planet kelima dari Matahari.

Fakta-fakta tentang Jupiter

  • Jupiter 11 kali lebih luas ketimbang Bumi dan 300 kali lebih besar
  • Diperlukan 12 tahun bagi Jupiter untuk mengorbit matahari, satu hari sama saja dengan 10 jam
  • Unsur utama terdiri dari hidrogen dan helium
  • ‘Hidrogen metalik’ ini bisa menjadi sumber medan magnet
  • Sebagian besar puncak awan yang terlihat mengandung amonia dan hidrogen sulfida
  • Bintik Merah Besar adalah pusaran badai raksasa yang lebih luas dari Planet Bumi

Demikian, fakta fakta dan juga penampakan terbaru dari planet Jupiter.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close