fbpx
Gaya HidupKesehatanTrik & Tips

Olahraga Ini Dijamin Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi, Kamu Harus Tahu!

Pada zaman yang maju seperti sekarang ini, bukan hanya teknologi yang semakin canggih, namun juga gaya hidup yang semakin tinggi. Meskipun banyak sisi positifnya, namun beberapa gaya hidup juga dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh, salah satu akibatnya adalah meningkatnya kolesterol dalam tubuh dikarenakan pola makan maupun olahraga yang tidak teratur.

Memang kolesterol baik bagi tubuh yang berfungsi untuk menghasilkan beberapa hormon dalam membantu metabolisme tubuh, namun hal itu tidak baik apabila kadar kolesterol yang dikandung dalam tubuh terlalu tinggi. Hal ini tentu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah.

Salah satu cara menurunkan kolesterol yang terbilang ampuh dalam tubuh selain menjaga pola makan adalah melakukan olahraga secara teratur. Beberapa olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun juga ada olahraga yang bersifat aerobik dan melibatkan otot secara langsung, seperti yoga, lari, berenang, dan bersepeda yang juga dapat menurunkan kolesterol lebih cepat daripada olahraga jenis lain. Dengan melakukan olahraga yoga, kamu dapat menurunkan 14-15% kadar kolesterol dalam tubuh, saat kamu melakukan yoga kamu dapat membuat pikiran lebih rileks serta menurunkan stres yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Selain yoga, olahraga yang dapat menjadi pilihan adalah melakukan olahraga seperti jogging dan bersepeda, karena olahraga jenis ini akan mendorong produksi enzim dalam memindahkan kolesterol dari darah ke hati, hal ini diketahui bahwa hati merupakan proses terakhir untuk mengeluarkan kolesterol.

BACA JUGA  Kenali Penyebab dan cara menghilangkan Komedo Pada Kulit

Dalam usaha menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh tersebut, kamu tidak boleh hanya melakukan olahraga hanya sesekali dalam beberapa minggu ataupun beberapa bulan. Kamu harus bisa melakukannya secara rutin minimal empat hingga lima kali dalam seminggu, dengan durasi waktu 20 hingga 30 menit tiap harinya. Apabila kamu tidak dapat melakukannya secara langsung, kamu dapat melakukannya secara bertahap dimulai dari melakukan olahraga 10 menit setiap 1 kali olahraga dan dilakukan selama 3 kali dalam sehari.

Kunci keberhasilan dalam melakukan cara menurunkan kolesterol tinggi ini adalah dengan selalu disiplin. Hal ini dikarenakan apabila kamu telah terbiasa dengan apa yang kamu lakukan, tentu gaya hidup dan pola makan yang baik akan berefek positif dan dapat menjaga tubuh tetap sehat serta dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close