fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Mulai Hari Ini, PerpusNas Sudah Mulai Dibuka Kembali

Mulai Hari Ini, PerpusNas Sudah Mulai Dibuka Kembali

Keterbatasan dalam memperoleh Ilmu Pengetahuan pada saat masa pandemi seperti ini sangat menjadi kekhawatiran bagi pelajar, informasi yang mereka dapat pada internet juga tidak sepenuhnya lengkap seperti yang mereka butuhkan.

Dalam masa PSBB Transisi ini, banyak dari fasilitas umum yang mulai dibuka kembali untuk digunakan oleh public. Salah satunya adalah Perpustakaan Nasional atau PerpusNas yang ada di Ibu Kota Jakarta. Perpustakaan ini sempat ditutup karena untuk memutus penularan Covid-19. Perpustakaan Nasional ini mulai di buka lagi mulai pagi hari ini, Kamis (11/06/2020).

Perpustakaan Nasional ini dubuka kembali setelah DKI Jakarta memasuki masa PSBB Transisi. Yang berdasarkan pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor.51 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif dan Surat Edaran dari Perpustakaan Nasional RI No.3472/2/KPG.10.00/VI.2020 tentang layanan PerpusNas dapat krmbali beroprasi lagi.

Kabar ini disambut baik oleh masyarakat,terutama pelajar yang membutuhkan banyak informasi. Meskipun perpustakaan ini dibuka lagi, dalam pelayanannya tetap menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA  Kak Seto: Banyak Anak Stress & Ingin Kembali ke Sekolah

Sebelum perpustakaan ini dibuka, tepatnya sehari dari jadwal beroprasinya, para petugas di perpustakaan melakukan pembenahan, mulai dari menempelkan stiker silang pada area perpustakaan. Tanda silang ini digunakan sebagai pembatas antar pengunjung saat di perpustakaan, agar tidak menimbulkan keramaian di perpustakaan. Ada juga yang sedang sibuk menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan saat pembukaan perpustakaan saat new normal, baik dari parapegawai dan untuk para pengunjung yang akan datang. Rabu. (10/06/2020).

Perpustakaan Nasional menerapkan protokol kesehatan dengan cara membatasi jumlah pengunjung. Sesuei dengan konsep dalam new normal, pihak perpustakaan hanya akan menerima pengunjung 1000 pemustaka per hati, tidak semuanya di terima masuk ke perpustakaan. Kebijakan ini karena mencegah penyebaran Covid-19.

Jadwal buka Perpustakaan Nasional pun beda dengan jadwal yang biasanya. Jadwal yang baru perpustakaan akan buka mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.30 WIB. Pada hari Senin sampai dengan Jumat, dan untuk hari Sabtu dan Minggu, PerpusNas tutup.

Pengunjung diwajibkan menaati peraturan sesuei dengan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan ketika akan masuk ke dalam perpustakaan, pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan juga dilakukan oleh pihak perpustakaan. Saat berada di area perpustakaan maupun di dalamnya, pengunjung diwajibkan menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

About Rizki

Check Also

8 Tanaman Janda Bolong Jenis Terbaik, Asli & Termahal – Terbaru 2020

Tanaman hias merupakan sebuah tanaman yang sering dijadikan hiasan di dalam rumah maupun di luar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *