fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanLuar NegeriTravelUnik & Lucu

Misterius, Inilah 5 Peradaban Besar Dunia yang Hilang

Majapahit menjadi salah satunya adalah kerajaan kerajaan terbesar di Jawa, dan hampir mempersatukan seluruh nusantara. Namun anehnya, kerajaan itu seolah hilang tanpa sebab yang jelas. Cerita seperti itu tidak dialami oleh kerajaan Majapahit juga. Di berbagai daerah di dunia ini, terdapat pula peradaban yang menghilang tanpa jejak dan tak pernah diketahui alasan hilangnya mereka, hanya diketahui lewat situs yang mereka tinggalkan. Berikut ini adalah beberapa peradaban yang hilang entah ke mana dan oleh sebab apa.

  1. Peradaban Indus Valley, Pakistan
Sumber: Whoi.edu

Peradaban yang muncul di tahun 3300 sebelum masehi ini terkenal akan sistem drainase yang maju. Sisa-sisa peradaban Lembah Indus bisa kita saksikan di kawasan Pakistan, sekitar sungai Gangga di India, hingga dekat Laut Arab. Tidak hanya sistem drainase, bangsa Indus juga dikenal sebagai pembangun kota yang terstruktur dan terorganisasi. Tembok dan rumah-rumah dibangun kokoh dan rapi tidak kalah dengan pembangunan saat ini. Sayangnya, berdasarkan jurnal ilmiah yang dipublikasikan tahun 2012, peradaban Indus tiba-tiba menghilang sekitar 1600 tahun sebelum masehi.

  1. Peradaban Olmec, Meksiko
BACA JUGA  Inilah Alasan Dibalik Mahalnya Harga Emas Antam
Sumber: anton-dion

Peradaban Olmec pada saat itu juga sudah menyembah dewa jauh sebelum bangsa Maya, bahkan menjalankan ritual persembahan manusia pada dewa. Beberapa dewa Olmec yang diketahui adalah naga, burung raksasa, monster ikan, dan dewa air. Memang pada saat itu bangsa ini terlenal akan patung kepala raksasa dan ukiran batu giok. Kekayaan budaya ini membuat Olmec kerap dikatakan ‘ibu’ kebudayaan peradaban Amerika kuno. Peradaban ini diperkirakan menghilang dalam waktu singkat di tahun 400 sebelum masehi.

  1. Cahokia, Amerika
Sumber: Pinterest

Tepatnya berlokasi di Illinois, sebrang Sungai Mississipi. Situs Cahokia adalah satu-satunya bukti peradaban kuno yang tersisa dari peradaban di area sungai Mississipi. Cahokia sendiri diperkirakan sebagai kota besar di zaman tersebut dengan jumlah penghuni mencapai 40 ribu orang.

  1. Kerajaan Aksumite, Etiopia
Sumber: IDN Times

Peradaban ini muncul pada abad keempat sebelum masehi. Kerajaan Aksumite sendiri diperkirakan sebagai rumah Ratu Sheba. Kerajaan ini memiliki tulisan sendiri dan membuat obelisk yang megah bernama Obelisk of Axum. Obelisk ini masih berdiri hingga sekarang. Dikatakan pula ini adalah kerajaan pertama yang menganut agama Katolik.

BACA JUGA  Rincian Lika Liku Naik Turunya Harga Emas Antam

5.    Peradaban Maya

Sumber: Mongabay

Bangsa Maya diketahui pertama muncul 1800 sebelum masehi, atau 3816 tahun lalu. Mereka adalah bangsa yang hidup dari pertanian yang menduduki kawasan semenanjung Yucatan di Guatemala, Belize, Meksiko, serta Honduras. Tapi, peradaban Maya dilaporkan lenyap secara tiba-tiba.

Nah, itu dia 5 peradapan besar dunia yang hilang secara misterius gais.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close