fbpx
Gaya HidupKesehatan

Meski Terasa Enak, Mengupil Ternyata Memiliki Bahaya Yang Mengintai, Ini Dia Penjelasannya

Siapa yang tidak suka dengan kegiatan mengupil? Mengupil ini memang sudah menjadi kebiasaan, meskipun terdengar menjijikkan dan jorok, namun tanpa sadar banyak orang yang melakukannya berulang kali. Kebanyakan orang mengupil karena merasa ada kotoran yang menyumbat, gatal, dan aneh yang berada di dalam hidung. Untuk membersihkannya, biasanya seseorang menggunakan jari tangan atau juga ada yang menggunakan tisu.

Lantas bagaimana upil bisa terbentuk? Upil ini sebenarnya terbentuk ketika lendir, silia, dan rambut-rambut kecil yang melapisi lubang hidung menjebak debu kotoran, kuman, serta serbuk sari yang masuk ke rongga hidung. Jadi tidak heran bila hal itu akan menghasilkan kotoran yang biasa disebut upil. Saat upil terbentuk kita akan merasa tidak nyaman dan mencoba untuk mengeluarkannya, baik langsung menggunakan jari tangan maupun dengan meniupnya.

Meskipun begitu, ternyata terlalu sering mengupil juga bukan kebiasaan yang baik. Asisten profesor kedokteran olahraga di Departemen Family & Community Medicine di Baylor College of Medicine di Houston, Texas, yakni Irvin Sulapas mengungkapkan bahwa kebiasaan tersebut akan menyebabkan lecet dan bahkan pendarahan di dalam lubang hidung.

BACA JUGA  Ternyata Teh Celup Dapat Digunakan Untuk Mengatasi Masalah Pada Mata, Simak Penjelasanya!

Kebanyakan kita akan berpikir bahwa luka yang disebabkan tidak akan terlalu parah, namun kuman dari tangan yang masuk ke saluran hidung dapat menyebabkan infeksi pernafasan.

“Ada banyak bakteri di kuku. Saat anda mengupil, beberapa bakteri itu bisa berpindah ke lubang hidung dan meningkatkan risiko infeksi,” jelas Irvin.

Hal seperti itu juga sama saat kita mencoba untuk menggigit kuku yang akan menimbulkan resiko terkena infeksi bahkan lebih tinggi ketika bakteri ataupun kuman di tangan masuk ke dalam mulut. Atas resiko tersebutlah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menganjurkan untuk tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan menggunakan tangan yang belum dicuci.

Selain itu, resiko yang lebih besar dapat membuat lubang hidung robek, yakni jaringan tulang rawan yang memisahkan lubang hidung. Apalagi anak-anak yang suka mengupil dengan tanpa memperhatikan kebersihan tangan mereka, hal ini tentu akan dapat menempatkan mereka beresiko besar mengalami iritasi maupun pendarahan karena adanya 5 arteri yang mengarah ke depan hidung.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close