fbpx
Home / Featured / Meski Memiliki Banyak Kelebihan, Ternyata Google Classroom Juga Memilki Beberapa Kekurangan

Meski Memiliki Banyak Kelebihan, Ternyata Google Classroom Juga Memilki Beberapa Kekurangan

Pada saat pandemic seperti ini Google Classroom menjadi pilihan bagi guru dan juga murid sebagai tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar secara daring. Meskipun pada pembahasan sebelumnya aplikasi ini dikenal memiliki banyak kelebihan, ternyata juga ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Hal itu memang wajar, karena tidak ada aplikasi yang benar-benar sempurna, pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Untuk lebih lanjutnya, mari kita simak beberapa kekurangan aplikasi Google Classroom berikut ini.

  1. Tidak dapat mengirim file apabila Google Drive penuh

Yang sangat disayangkan dengan aplikasi ini adalah kelemahannya yang apabila Google Drive sudah mencapai batas maksimalnya atau penuh, maka file maupun dokumen yang akan kita kirim pada pengajar menjadi eror dan tidak akan dapat terkirim. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, karena kita harus menggunakan Google Drive yang baru ataupun menginstal penyimpanan cloud storage yang baru. Setelah itu kita dapat menghubungkannya kembali pada aplikasi Google Classroom sebelum kita menggunakannya.

Alasan mengapa apabila Google Drive penuh file yang kita kirim tidak masuk ke Google classroom adalah karena aplikasi Google classroom sendiri belum memiliki sistem penyimpanan, sehingga masih menggunakan Google Drive sebagai penyimpanannya.

BACA JUGA  Yuk Simak, Apa Saja Skin Dan Hero Baru Mobile Legends Di Bulan April!
  1. Tampilan yang kurang menarik

Mungkin untuk beberapa siswa, mereka ada yang tidak terlalu mengedepankan sisi kenyamanan, namun bagi siswa yang mengedepankan kenyamanan serta menyukai keindahan tentu tampilan yang tidak menarik akan membuat mereka merasa malas untuk belajar menggunakan aplikasi ini. Google Classroom hanya menampilkan beberapa pilihan gambar dan itupun hanya berupa gambar kartun. Mungkin sebaiknya pihak aplikasi ini dapat menambah beberapa gambar atau tampilan yang lebih menarik supaya siswa tidak merasa bosan.

Terkait dengan minat para siswa dengan tampilan Google Classroom tersebut memanglah wajar, karena beberapa orang memiliki selera yang berbeda mengenai sebuah tampilan pada aplikasi.

  1. Waktu pengiriman

Maksud waktu pengiriman di sini adalah apabila siswa melakukan keterlambatan saat mengirim file, mereka tetap bisa mengundur waktu di smartphone sehari supaya dapat menyerahkan file. Tugas yang seharusnya sudah tidak bisa diserahkan karena terlambat akan tetap dapat diatasi oleh siswa. Hal ini tentu menjadi sebuah kerugian apabila Google Classroom atau pengajar yang belum menyadari hal itu bisa terjadi.

BACA JUGA  Tagihan Listrik Naik Hingga 100%? Ternyata Ini Penyebabnya

Kelemahan ini memang menjadi sebuah masalah karena kita akan tetap bisa menyerahkan file meskipun sudah melewati batas waktu di Google Classroom.

Itulah tadi beberapa kelemahan yang dapat kita ketahui pada aplikasi Google Classroom. Untuk kamu yang ingin mengetahui aplikasi ini, kamu dapat melihatnya lebih lanjut di classroom.google.com.

About syharil

Check Also

Pasanganmu Selingkuh? Kamu Dapat Gunakan Beberapa Aplikasi Penyadap WhatsApp Ini

Kadangkala beberapa pasangan khawatir akan perselingkuhan, saking khawatirnya mereka akan berusaha untuk mengetahui apa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *