fbpx
Gaya HidupKesehatanTrik & Tips

Mengenal Lebih Dalam Kolesterol Dalam Tubuh: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati (Wajib Tahu)

Diketahui bahwa kolesterol merupakan lemak yang sangat berguna bagi tubuh, tapi tidak apabila kadarnya terlalu tinggi, karena akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kita dapat menemukan kolesterol yang diproduksi secara alami oleh organ hati, namun juga dapat ditemukan pada makanan dari hewan seperti daging dan susu. Kolesterol akan membantu dalam membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon serta menghasilkan Vitamin D.

Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi, biasanya tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mereka mengalami kolesterol tinggi, hingga memunculkan komplikasi penyakit serius seperti jantung atau stroke. Hal itu tentu membuat mereka memiliki keharusan untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Sangat disarankan kepada semua orang melakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Untuk orang dewasa disarankan pemeriksaan kolesterol tiap 4-6 tahun sekali, mulai usia 20 tahun. Sementara itu untuk anak-anak juga disarankan saat mereka berusia 9-11 tahun dan diulangi kembali saat mereka berusia 17-21 tahun. Namun untuk anak yang berasal dari keluarga penderita diabetes dan kolesterol tinggi, disarankan melakukan pemeriksaan saat berusia 2-8 tahun dan diulangi pada usia 12-16 tahun.

BACA JUGA  Cerita Unik dari Anak Mahfud MD, Dikira Tidak Mampu, Ia Sering Diberi Susu oleh Dosennya

Pada dasarnya kolesterol tidak dapat larut dalam darah, hati memproduksi zat bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol keseluruh tubuh. Untuk jenisnya, lipoprotein yang utama ada dua, yakni Low-density lipoprotein (LDL) yang berfungsi menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri, apabila kadarnya terlalu tinggi maka akan menumpuk di dinding pembuluh darah, hal ini yang membuat LDL jenis ini dikenal sebagai kolesterol jahat. Sementara itu kolesterol baik dikenal sebagai High-density lipoprotein (HDL) yang berfungsi untuk mengembalikan kolesterol yang berlebih ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

Saat kadar kolesterol tinggi, mereka akan menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri dan membentuk plak yang mengakibatkan arteri menyempit, kejadian ini disebut dengan aterosklerosis. Akibat dari hal tersebut, sejumlah penyakit dapat timbul, seperti penyumbatan pada pembuluh arteri jantung, serangan jantung, stroke, dan juga penyakit arteri perifer.

Ada beberapa hal yang membuat kolesterol tinggi, yaitu diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, keturunan, penyakit yang diderita seperti obesitas, diabetes, dan hipotiroidisme. Sementara itu, untuk cara menurunkan kolesterol yang dapat kamu lakukan adalah melakukan beberapa olahraga minimal 30 menit dalam sehari, pola hidup sehat, kamu juga dapat meminum obat-obatan, selain itu melakukan diet sehat juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close