fbpx
Dalam NegeriInternetTeknologi

Membawa Koneksi Internet di Indonesia Lebih Cepat, Ini Dia Proyek dari Facebook Connectivity

Media sosial Facebook atau yang juga sering kita kenal dengan Fb ini mengatakan bahwa konektivitas menjadi sebuah misi penting bahkan yang utama bagi perusahaannya, dalam usaha memberikan kekuatan pada masyarakat untuk membangun komunitas dan membawa dunia lebih dekat. Mereka bekerja sama dengan berbagai pihak pemerintah, industri, akademis, ahli teknologi, dan masyarakat sipil dalam upaya menghubungkan 3,5 miliar orang termasuk yang ada di Indonesia yang belum memiliki koneksi internet, serta menambahkan pengalaman kepada mereka yang telah terhubung.

Beberapa proyek-proyek konektivitas Facebook yang ada di Indonesia, yang telah mereka beritakan kepada AkuratIptek melalui keterangan resminya, pada Kamis (2/7).

  1. Jaringan Transportasi Terbuka

Diketahui bahwa Alita dan Facebook membangun 3.000 KM kabel fiber di Indonesia untuk menghubungkan 1.000 titik lebih jaringan yang ada di Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Kabel fiber ini akan dapat memberikan akses layanan internet cepat kepada lebih dari 10 juta pengguna.

  1. Express Wi-Fi

BaliTower bekerjasama dengan Facebook untuk menyediakan layanan wi-fi yang cepat, terjangkau, dan andal pada Januari 2020 lalu. Mereka menggunakan platform Wi-Fi Express dalam meningkatkan hotspot wi-fi yang ada pada lebih dari 100 bangunan komersial dan 3000 kutub mikro sel di seluruh Jabodetabek dan Bali.

  1. Terragraph
BACA JUGA  Konspirasi TERCYDUK, Virus Corona Bukan Berasal dari Wuhan

Pada tahun 2018 lalu selama digelarnya Asian Games, Facebook dan XL melakukan uji coba Terragraph di Kota Tua dalam upaya menyediakan akses wi-fi publik pada ribuan pengguna. Diketahui bahwa Terragraph menggunakan pita 60 GHz yang tidak berlisensi di sejumlah negara di dunia, pada bulan April Kominfo membuat rancangan peraturan 60 GHz untuk konsultasi publik dan Facebook.

  1. Internet101

Dalam meningkatkan produksi internet seluler di Indonesia serta membantu pengguna internet pertama kali mendapatkan hasil maksimal, Indosat Ooredoo bekerjasama dengan Facebook yang meluncurkan ‘Internet101’ pada Oktober 2019 lalu. Program yang mereka luncurkan ini bekerja erat dengan pengecer lokal dalam menyediakan akses internet pada banyak orang online.

Sampai saat ini, Facebook Conectivity terus meningkatkan kerja samanya dengan para mitra sebagai upaya dan inisiatif untuk menyelesaikan masalah konektivitas yang ada di berbagai daerah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close