Breaking News
Home / Review Product / Melestarikan Permainan Tradisional dengan Bermain Layangan

Melestarikan Permainan Tradisional dengan Bermain Layangan

Layangan merupakan salah satu permainan tradisional yang masih banyak dimainkan oleh anak – anak saat ini. Layangan adalah lembaran bahan tipis dan memiliki kerangka yang memungkinkan untuk terbang di udara. Biasanya layangan diikatkan dengan seutas benang sebagai pengontrolnya dari bawah. Dengan memanfaatkan hembusan angin untuk mengangkatnya ke udara, maka saat ingin memainkanya dengan mudah, dipastikan harus ada angin yang cukup kencang.

Layangan memiliki banyak tipe dan model, kita pun juga dapat membuatnya sesuai selera kita. Walau merupakan mainan jadul, layangan masih saja seru saat dimainkan bersama banyak orang. Orang kerap kali beradu keindahan dari layangannya, ataupun beradu senar layangan pada saat layangan mengudara. Selain model bentuk layangan yang beragam, senarnya pun memiliki banyak jenis. Contoh senar yang populer dan sering digunakan adalah senar nilon dan senar glass. Kedua senar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, dan memiliki tujuan berbeda pula saat menggunakanya.

Apa saja jenis dari layangan yang memiliki bentuk unik ?

Apa saja jenis dari layangan yang memiliki bentuk unik ?

Berikut ini merupakan jenis layangan yang memiliki bentuk yang unik, yaitu :

– Layangan Babean

– Layangan Janggan

– Layangan Pecuk

Layangan tersebut merupakan layangan yang berasal dari daerah pulau bali, bentuk dan ukuran dari layangan yang unik membuatnya dikenal di berbagai daerah.

Senar jenis apa yang cocok digunakan dalam bermain layangan untuk pemula ?

Senar jenis apa yang cocok digunakan dalam bermain layangan untuk pemula ?

Bagi pemula yang ingin bermain layangan, sangat disarankan menggunakan senar nilon. Karena senar jenis ini memiliki karakteristik lembut dan tidak mudah putus. Bagi pemula tentunya aman digunakan karena tidak mudah membuat tangan terluka karena senarnya. Senar yang lentur dapat memudahkan kita dalam mengontrol layangan pada saat di udara.

Layangan merupakan mainan yang berasal dari mana ?

Layangan merupakan mainan yang berasal dari mana ?

Layangan pertama kali dipopulerkan oleh penduduk China sudah sejak 3000 tahun yang lalu. Bahan seperti bambu, kain sutera, mudah didapatkan pada saat itu di negara tersebut. Sutra memiliki kekuatan yang tensil untuk jalur terbang tinggi. Dan bambu menjadi kerangka yang kuat untuk layangan, sehingga para penduduk China membuatnya dari bahan tersebut kala itu.

Bermain layangan cocok pada daerah seperti apa ?

Bermain layangan cocok pada daerah seperti apa ?

Bermain layangan membutuhkan angin yang besar, dan luas daerah yang lumayan lebar. Bermain layangan disarankan pada lapangan luas, yang terhindar dari kabel listrik dan tidak dekat dengan jalanan. Bila layangan tersangkut pada kabel, sangat berbahaya bagi pemainya karena kabel tersebut dapat mengaliri listrik menuju senar lalu terkena pemainya. Karena itu bermainlah layangan di dataran yang lumayan tinggi karena angin cukup kencang, dan terhindar dari kabel listrik.

Apakah anda ingin bermain layangan pada sela – sela kesibukan anda? pastikan memilih tempat yang tepat agar bermain layangan dapat berjalan dengan aman.

About arz

Check Also

As Roda Motor : Bagian Tersembunyi Pada Motor yang Layak Diperhatikan

As merupakan sebuah poros yang sering digunakan sebagai sumbu ataupun pusat sebuah lingkaran roda. As …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *