fbpx
CORONA UPDATEDalam NegeriMobil & MotorTrik & Tips

Masuk Fase New Normal, Ini Dia Protokol Mengisi Bahan Bakar di SPBU Yang Benar

Dengan adanya fase new normal yang dikeluarkan oleh pemerintah membuat banyak konsekuensi yang harus ditanggung oleh semua orang. Untuk itu, sebagai tempat pengisian bahan bakar umum, PT Pertamina juga ikut mengeluarkan kebijakan tentang penerapan protokol kesehatan terkait dengan fase new normal.

Dikutip Suara.com dari kantor berita Antara, PT Pertamina (Persero) dikabarkan telah menyiapkan rencana protokol kesehatan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU untuk menghadapi fase new normal baru ini. Hal itu diberlakukan kepada seluruh pekerja, pelanggan, pemasok, ataupun mitra.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam pernyataan tertulis pada Rabu (3/6/2020) menjelaskan bahwa protokol kesehatan pada fase new normal saat ini merupakan kelanjutan dari protokol antisipasi Covid-19 yang sampai saat ini sudah dijalankan di seluruh SPBU Pertamina di seluruh Indonesia.

Protokol kesehatan yang ada di setiap SPBU antara lain yaitu adanya kewajiban menggunakan masker dan sarung tangan, serta adanya pengecekan suhu tubuh bagi seluruh karyawan. Disamping itu, dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh fasilitas yang ada di SPBU seperti toilet dan mushola.

BACA JUGA  Tetap Waspada! Kejahatan Cyber Akan Banyak Mewarnai Fase New Normal Kali Ini

Fajriyah Usman juga mengatakan bahwa di SPBU karyawan juga harus menjaga jarak aman serta memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh setiap karyawan.

“Kami juga menerapkan kewajiban untuk menjaga jarak aman baik antara petugas SPBU dengan pelanggan, maupun antar pelanggan. Selain itu, kami juga memberikan tambahan vitamin kepada petugas SPBU untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatannya,” ujarnya.

Untuk fase new normal baru ini, pelayanan pengisian bahan bakar kembali diperbarui. Untuk roda dua, pengemudi wajib turun dari motor dan berdiri disamping motor yang berseberangan dengan posisi petugas, serta mengenakan masker sesuai ketentuan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Sementara itu untuk roda empat, pengemudi dianjurkan untuk tetap berada di dalam mobil, namun jika memang terpaksa keluar diwajibkan untuk berdiri di sebelah mobil dengan menjaga jarak aman dengan petugas minimal 1 meter, serta menggunakan masker sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

Untuk pembayaran saat mengisi bahan bakarpun dalam mengurangi resiko terpapar Covid-19, Pertamina akan merekomendasikan pembayaran secara cashless melalui aplikasi MyPertamina.

BACA JUGA  Supaya Lebih Sejuk, Ini Dia Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah

“Untuk transaksi pembayaran secara tunai, dianjurkan menggunakan uang pas sesuai nilai transaksi dan petugas SPBU maupun pelanggan harus tetap menjaga jarak minimal 1 m atau sesuai dengan tanda yang akan disiapkan,” jelas Fajriyah Usman.

Rencananya, protokol kesehatan ini akan disosialisasikan secara masif kepada lebih dari 7.000 SPBU Pertamina yang ada di Indonesia. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat tersebut, diharapkan bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di era new normal ini. Selain itu, pemerintah juga percaya bahwa dengan adanya kebijakan ini maka perekonomian Indonesia akan dapat kembali berputar meskipun Covid-19 masih belum hilang sepenuhnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close