fbpx
Gaya HidupKesehatan

Masalah Kesehatan Ini Ternyata Dapat Membuat Berat Badan Naik, Simak Penjelasannya!

Banyak orang merasa heran bahwa rutinitas yang biasa-biasa saja yang mereka lakukan tiba-tiba dapat membuat berat badan naik, padahal umumnya orang menginginkan berat badan ideal. Kenaikan berat badan ini dapat juga menjadi sebuah tanda bahwa kondisi kesehatan sedang tidak baik. Untuk mengetahuinya mari kita simak penjelasan menurut kesehatan berikut ini.

  1. Gangguan kelenjar tiroid

Diketahui bahwa kelenjar tiroid berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid di dalam tubuh yang berperan dalam mengatur metabolisme pencernaan di dalam tubuh. Apabila kelenjar tiroid ini mengalami gangguan, maka tidak akan bisa menghasilkan hormon tiroid secara normal yang mengakibatkan metabolisme terganggu. Setelah metabolisme melambat, maka akan mengakibatkan berat badan naik secara tiba-tiba. Biasanya penderita akan diberikan obat untuk merangsang hormon tiroid di dalam tubuhnya.

  1. Pengobatan diabetes melitus

Jika kamu mengalami penyakit ini dan melakukan pengobatan insulin untuk mengontrol gula darah, asupan makanan yang meskipun telah diatur akan membuat penderita yang diberikan suntik insulin berpotensi mengalami kenaikan berat badan.

  1. Penuaan
BACA JUGA  Cara Menggunakan dan Manfaat Masker Mata

Seseorang yang semakin menua maka akan mengurangi massa otot di dalam tubuhnya. Padahal di otot sendiri merupakan tempat pembakaran kalori sehingga apabila otot berkurang, maka kalori yang dibakar juga akan berkurang. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap berat badan seseorang.

  1. Melakukan pengobatan dengan menggunakan steroid

Obat jenis ini digunakan untuk mengatasi beberapa masalah seperti asma dan peradangan sendi. Efek samping dari obat ini pun dapat meningkatkan nafsu makan, apabila nafsu makan meningkat tanpa diiringi dengan olahraga yang teratur maka akan dapat membuat berat badan naik dengan cepat.

  1. Mengalami stres dan depresi

Beberapa orang menanggapi kondisi stres dengan berbeda-beda. Sebagian orang akan menjadikan makanan sebagai pelarian saat mereka stres karena tekanan yang mereka rasakan. Dengan semakin tertekannya seseorang, maka semakin banyak makanan pula yang ia makan tanpa memperdulikan kesehatannya. Hal ini tentu bahaya karena mereka tidak menyadari berapa banyak makanan tidak sehat yang mereka makan yang akan meningkatkan berat badan mereka.

  1. Kelelahan dan kurang tidur
BACA JUGA  Ingin Streaming Drama Korea di Situs Legal, Cek Disini!

Dalam sebuah penelitian, seseorang yang kurang tidurnya akan dapat meningkatkan hormon leptin di dalam tubuhnya. Hormon ini berperan untuk mengatur nafsu makan, jika hormon ini terlalu tinggi maka tubuh akan merasa kurang kenyang meskipun telah makan banyak.

  1. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS akan mempengaruhi fungsi indung telur wanita dengan gejala menstruasi yang tidak teratur dan sulit hamil. Wanita dengan penyakit ini akan mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba, yang ditandai dengan membesarnya bagian pinggul dan pinggang.

  1. Mengalami pembengkakan karena cairan

Berat badan yang naik kadang tidak disebabkan karena makanan. Apabila kamu merasa tidak makan banyak namun tiba-tiba berat badan naik dan mengalami pembengkakan pada bagian tertentu pada tubuh seperti kaki dan tangan, hal ini bisa saja disebabkan karena penumpukan cairan di bagian tubuh tersebut yang diakibatkan oleh masalah jantung dan ginjal.

Itulah tadi beberapa faktor yang dapat membuat berat badan seseorang naik. Untuk mengetahui berat badan kamu naik atau tidak, ketahui terlebih dahulu cara mengetahui berat badan ideal, jika kemungkinan berat badan naik secara tidak normal maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut nya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close