fbpx
Dalam NegeriUncategorized

Masa Perpanjangan Operasional Kereta Api Luar Biasa. Yuk Catat Tanggalnya!

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang masa operasional Kereta Api Liar Biasa (KLB) hingga tanggal 11 juni mendatang. Penumpang yang ingin menaiki kereta tersebut diwajibkan memiliki ketentuan dan syarat agar aman saat perjalanan saat masa PSBB seperti saat ini.

“Mulai Tanggal 11 JUni mendatang, layanan KLB dapat digunakan oleh seluruh masyarakat dengan melengkapi syarat- syarat dan ketentuan tertentu.” Kata VP Publick Relations KAI Joni Martinus dalam keteranganya yang menjelaskan tentang kebijakan tersebut pada Minggu(7/06/2020)

Dengan terbitnya surat Edaran Direktorat Jendral Perkeretaapian Kemenhub No KA.202/B-29/DJKA/20 Tanggal 5 juni 2020 tentang rekomendasi untuk Perpanjangan Masa Pengoprasian KLB serta habisnya masa berlaku Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 5 Thaun 2020 pada tanggal 7 Juni 2020. KLB menyesueikan dengan adanya Surat Edaran tersebut.

Calon penumpang yang ingin bepergian dan membeli tiket tetap melaksanakan  uji kesehatan yang terbebas dari Covid-19. Dengan cara menunjukkan hasil PCR test atau rapid test yang negative memiliki gejala Covid-19 dan masih berlaku surat tersebut.

BACA JUGA  Sedang Viral! Dukun Sakti Ini Mengaku Dapat Sembuhkan Corona Dengan Ramuan Air, Gula, Garam, dan Permen

“khusus bagi calon penumpang yang akan menggunakan KBL dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka penumpang dilarang menaiki KLB.” Kata Joni.

Joni juga menyebutkan tentang masa perpanjangan operasi KLB ini merupakan bentuk komotmen KAI kepada masyarakat sebagai pelayanan mobilitas ditengah pandemi Covid-19. Joni juga menjelaskan tenatng selalu mengevaluasi KLB secara berkala.

“kami berharap masyarakat dapat terbantu dengan adanya perjalanan KLB> Layanan KLB ini juga terus kami evaluasi dalam pengoperasianya.” Penjelasan tambahan dari Joni.

KLB melayani perjalanan dengan 3 rute yang dilewatinya, yaitu Gambir Surabaya Pasarturi Lintas Selatan pp, Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Utara pp, dan Bandung-Surabaya PasarTuri pp.

Pengoperasian KLB dari arah Surabaya, akan buka dan dilakukan setiap tanggal ganjil. Dan pengoperasian KLB dari Jakarta dan Bandung akan beroperasi pada tanggal genap.

Selain kebijakan tersebut,dalam rangka pencegahan dan menolak penyebaran Covid-19 pihat KAI juga menyiapkan kebijakan lain, diantaranya penumpang hanya akan diisi dengan 50% jumlah kapasitas dari kereta, serta membuat tanda batas atau jarak antar penumpang. Juga menyediakan alat untuk mengukur suhu tubuh,ruang isolaso, pos kesehatan, hand santizer, wastafwl portable di stasiun. Memberikan disinfektan kepada penumpang secara berkala dan upaya untuk menghindari penyebaran Covid-19.

BACA JUGA  Kabar Buruk, Adanya Defisit Makanan di Tengah Pandemi

KLB telah beroperasi sejak tanggal 12 Mei bulan lalu, hingga tanggal 7 Juni kemarin. KAI telah melayani sekitar 3.835 penumpang. Rute yang sering dilewati adalah Surabaya Pasarturi-Gambir dan Gambir-Surabaya Pasarturi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close