fbpx
Dalam NegeriGaya HidupUnik & Lucu

Lomba Panjat Pinang Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sebagai Hiburan Acara Pernikahan dan Hajatan

Indonesia dikenal memiliki berbagai tradisi yang unik, baik itu dari ujung barat hingga ujung timur, hampir setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing, hal inilah yang menjadikan Indonesia terkenal oleh seluruh dunia. Salah satu tradisi unik yang ada di tanah air ini adalah lomba panjat pinang. Lomba ini merupakan salah satu dari beberapa lomba yang sangat ditunggu-tunggu di setiap momen khususnya perayaan HUT kemerdekaan RI. Hal ini dikarenakan lomba ini menjadi salah satu ciri khas perayaan kemerdekaan yang ada di Indonesia.

Lomba panjat pinang merupakan lomba yang sangat digemari oleh masyarakat, selain keseruannya, lomba ini juga sangat menegangkan karena peserta harus berjuang dan bertahan untuk memanjat tiang yang licin dan mencapai puncaknya untuk mendapatkan berbagai hadiah.

Namun tahukah kamu bahwa lomba panjat pinang ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Belanda menduduki Indonesia dahulu. Hal ini berarti lomba yang menjadi ciri khas perayaan kemerdekaan Indonesia ini merupakan lomba yang memang sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

BACA JUGA  Rayakan Lebaran, Begini Pesan-Pesan dari Presiden Jokowi, Prabowo dan Mahfud MD

Untuk sejarah adanya lomba panjat pinang ini, awalnya lomba ini hanyalah bagian hiburan dari acara besar orang-orang Belanda. Dahulu lomba ini diadakan saat orang Belanda yang ada di Indonesia mengadakan acara pernikahan, hajatan, atau acara yang lainnya. Sebenarnya ide perlombaan ini dicetuskan oleh orang Belanda, namun mereka menginginkan orang Indonesia yang menjadi peserta.

Untuk saat ini, kebanyakan hadiah yang diperebutkan berupa sepeda, mainan, hingga alat elektronik, hal ini tentu berbeda dengan hadiah panjat pinang pada zaman dahulu. Pada zaman Belanda, hadiah yang diperebutkan pada lomba ini adalah berupa bahan makanan seperti keju dan gula, serta pakaian. Dikala itu, hadiah seperti itu memang sangatlah menarik bagi orang Indonesia, karena barang tersebut termasuk hadiah yang di golong mewah dan belum tentu semua orang mampu membelinya. Maka dari itu, lomba panjat pinang ini menjadi sangat menarik dan banyak orang yang mengikutinya.

Untuk pelaksanaan lomba ini, sebuah tiang bambu atau batang pinang yang tinggi dilumuri pelumas supaya lebih licin. Untuk di bagian puncak atau batang yang tinggi telah diberi hadiah yang digantungkan yang akan diperebutkan oleh para peserta.

BACA JUGA  Apa Arti Gelombang Kedua Virus Corona ? Diprediksi Bakalan Akan Terjadi

Lomba ini sebenarnya memiliki makna yang terletak pada proses dalam mencapai hadiah, dimana seseorang harus memiliki rasa semangat, pantang menyerah, dan bekerja keras untuk mencapai tujuannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close