fbpx
Mobil & MotorTrik & Tips

Libur Panjang? Ini Dia Tips Merawat Motor Yang Jarang Dipakai

Sumber: solopos.com

Ditengah pandemik virus corona ini, banyak kendaraan yang menganggur, mengingat pemerinah memang membatasi kegiatan masyarakat diluar rumah. Meskipun kendaraan tidak dipakai bepergian, namun kondisi kendaraan harus tetap dijaga sob. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima, meskipun jarang digunakan keluar rumah.

  1. Rutin panaskan motor

Memanaskan motor sangatlah perlu dilakukan, hal ini bertujuan agar sirkulasi oli di dalam mesin tetap terjaga. Panaskan motor 5-10 menit, dapat dilakukan sembari kalian berjemur. Sebelum menyalakan motor, saat posisi kunci berada pada posisi off, selah atau engkol beberapa kali, setelah itu baru hidupkan mesin dengan kunci mengarah pada posisi on. Hal ini dilakukan karena motor yang lama tidak dihidupkan, maka bagian oli akan mengendap didasar mesin. Oleh karena itu jika diengkol terlebih dahulu, setidaknya oli akan melumasi bagian jeroan mesin.

  1. Cek kondisi aki

Kalian harus rutin cek kondisi aki, hal ini dilakukan agar aki tidak tekor. Apalagi motor matic generasi terbaru yang sudah bergantung pada kelistrikan. Kalian bisa cek aki dengan melihat indikator pada kokpit untuk motor saat ini. Jika aki basah, cek dengan melihat cairan aki apakah masih diatas garis normal atau tidak.

  1. Cek bensin
BACA JUGA  Inilah,Tips Sahur Ini Supaya Badan Gak Letoy

Kondisi bensin juga perlu diperhatikan, jika kendaraan lama tidak dipakai maka dapat menjadi penyebab terjadinya karat pada tangki motor, dan lama-kelamaan suplai bahan bakar bisa saja tersumbat. Pada motor injeksi, jangan sampai kehabisan bahan bakar, sebab dapat menyebabkan kerusakan pada mesin, sebaiknya pastikan tangki bensin selalu terisi penuh.

  1. Cek tekanan angin pada ban

Hal ini tidak kalah penting, sebab motor yang lama tidak dipakai biasanya akan kekurangan angin. Cek tekanan ban, terutama jika akan dipakai lagi, sangat berbahaya apabila kendaraan digunakan pada saat tekanan ban kurang, karena kecelakaan pun bisa terjadi.

  1. Pastikan kendaraan tetap bersih

Kebersihan motor haruslah tetap diperhatikan, meskipun jarang dipakai, namun bila motor dalam keadaan kotor, maka akan merasakan ketidaknyamanan. Taruhlah motor di tempat yang sekiranya tidak terpapar panas matahari dan juga tidak terkena hujan.

Nah itu tadi beberapa tips yang dapat dilakukan agar motor tetap dalam kondisi prima, meskipun jarang digunakan keluar rumah. Semoga bermanfaat untuk menjaga kondisi kendaraan kalian ya sob.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close