fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / SIMAK! Libur Lebaran Di Geser Lagi, Presiden Beri 2 Opsi Kajian, Berikut Daftar Lengkapnya

SIMAK! Libur Lebaran Di Geser Lagi, Presiden Beri 2 Opsi Kajian, Berikut Daftar Lengkapnya

Sumber: AntaraNews.com

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menginstruksikan Kantor Staf Presiden (KSP) untuk melakukan kajian kembali untuk mengubah pelaksanaan cuti bersama Idul Fitri 2020. Diketahui Pemerintah sebelumnya telah mengubah dan menetapkan cuti bersama digeser dari 26 – 29 Mei 2020 menjadi 28 – 31 Desember 2020.

Opsi Baru

Namun, hari ini, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yakni Doni Monardo mengatakan bahwa opsi baru adalah memindahkan cuti bersama ke perayaan Idul Adha 2020 atau Lebaran Haji. Adapun, Lebaran haji pada tahun ini akan jatuh pada tanggal 30 – 31 Juli 2020.

Doni mengatakan bahwa “Presiden memberikan arahan ke KSP untuk melakukan kajian. Dari kajian tersebut, terdapat 2 opsi mengganti hari Lebaran menjadi akhir Juli, Idul Adha dan akhir Desember,” katanya usai rapat terbatas dengan Presiden tentang perkembangan penanganan Covid-19 melalui konferensi jarak jauh, (Senin 4 Mei 2020).

Perubahan Keputusan Menteri Agama

Sementara itu sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, mengumumkan bahwa perubahan cuti bersama Idul Fitri 2020 pada 9 April 2020 lalu. Dengan adanya perubahan cuti ini secara tidak langsung hal ini tentu nya berdampak pada perubahan pada mengubah Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 174 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020, dan Nomor 01 Tahun 2020.

BACA JUGA  Perjuangan Penjual Jamu Tradisional Yang Sukses Saat Masa Pandemi Covid-19

Maka dari itu, Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama ini dituangkan kembali dalam Revisi SKB 3 Menteri. Berdasarkan kesepakatan rapat, libur Idul Fitri 2020 tetap pada tanggal 24 – 25 Mei 2020.

Berdasarkan hasil kepeutusan, terlihat jika saat ini Pemerintah telah resmi memutuskan hal tersebut di rapat tingkat menteri.  Dengan itu, terjadinya pergeseran cuti bersama di akhir tahun dilakukan dengan pertimbangan bahwa pandemi Covid-19 diperkirakan telah tertangani dengan baik sejauh ini. Selain itu, akhir tahun juga merupakan masa liburan sekolah dan memberikan waktu pada keluarga untuk memiliki waktu yang cukup dalam merencanakan liburan. Sebagai tambahan, Pemerintah telah menduga bahwa virus ini akan berakhir pada akhir tahun. Maka dari itu, pergeseran pada bulan Desember ini, dinilai merupakan keputusan yang tepat untuk diambil oleh Pemerintah di tengah marak nya virus corona.

About dewi

Check Also

Tidak Diketahui Oleh Banyak Pelanggan Tri, Ternyata Inilah Fungsi Dari Poin Bonstri

BonsTri merupakan sebuah program atau even yang mengandalkan sebuah poin yang dikumpulkan dari provider atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *