Breaking News
Home / Teknologi / Gadget / Lakukan Beberapa Hal Ini Untuk Mencegah Penyadapan pada Ponselmu

Lakukan Beberapa Hal Ini Untuk Mencegah Penyadapan pada Ponselmu

Penyadapan terhadap handphone semakin sering terjadi, bahkan saat ini banyak tutorial cara menyadap HP android di internet, salah satu aplikasi yang dapat melakukan hal tersebut adalah smartphonelogs. Hal ini sangat berbahaya apalagi pemilik ponsel tidak mengetahui bahwa handphonenya telah disadap. Tentu hal ini akan membuat data korban akan diketahui, bahkan apabila data tersebut merupakan sebuah rahasia korban yang sangat penting.
Diketahui bahwa hacker nantinya mampu untuk mendengarkan panggilan telepon ataupun membaca teks yang telah dihapus bahkan lokasi korban melalui GPS. Dilansir dari Okezone, inilah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melindungi ponsel dari penyadapan.
Pertama
Kamu dapat mematikan ponsel apabila tidak digunakan, hal itu bertujuan untuk mencegah penyadap mengakses pesan teks maupun catatan panggilan ponselmu. Selain itu, apabila kamu kesulitan untuk mematikan ponsel atau ada sesuatu yang menghalangi, maka bisa saja hal tersebut merupakan tanda bahwa ponselmu telah disadap, karena banyak program spyware ponsel yang menghalangi pengguna untuk mematikan ponsel.
Kedua
Jika kamu tidak menggunakan ponselmu, maka sebaiknya matikan GPS dan juga bluetooth. Hal ini dikarenakan mata-mata dapat menggunakan GPS dan juga bluetooth untuk melacak lokasimu, sebaiknya aktifkan bila hanya saat diperlukan saja.
Ketiga
Sebaiknya install anti-spyware, perangkat lunak tersebut dapat membantumu untuk melindungi ponsel. Kamu dapat mengunduh langsung dari internet, yaitu dari beberapa situs web seperti Mobileshox.com. Selain itu apabila kamu menggunakan internet pada ponselmu, sebaiknya pertimbangkanlah untuk berinvestasi pada perangkat lunak untuk mendapatkan perlindungan ekstra. Jangan lupa juga untuk menginstal kata sandi keamanan pada ponsel.
Keempat
Jika kamu merasa masalah dengan penyadapan masih ada, sebaiknya hubungi penyedia layanan seluler. Jika perlu kamu juga dapat menghapus memori ponsel untuk tindakan pencegahan ekstra. Disamping itu, kalian mungkin juga perlu untuk mengganti nomor ataupun headset supaya benar-benar yakin bahwa masalah sudah terselesaikan.
Itulah tadi beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyadapan pada ponselmu. Sebaiknya kamu harus selalu hati-hati supaya penyadapan tidak terjadi padamu.

About syharil

Check Also

Cek Nomer Smartfren | Cara Mengecek Nomer Smartfren dengan Mudah

Cek Nomer Smartfren | Cara Mengecek Nomer Smartfren Smartfren menjadi salah satu provider paling diminati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *