fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Lagi, Sebab Tak Jujur Meninggalnya Karyawan PT Sampoerna karena Covid-19

Lagi, Sebab Tak Jujur Meninggalnya Karyawan PT Sampoerna karena Covid-19

Sumber: Regional Kompas

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya buka suara terkait dua karyawan PT HM Sampoerna Tbk yang meninggal terinfeksi virus corona baru atau Covid-19.

Risma menjelaskan bahwa kasus Covid-19 di pabrik rokok itu bermula dari pasien PDP yang tidak terbuka dan jujur. Ternyata, dua pasien PDP tersebut, yang kini berstatus positif Covid-19 dan telah meninggal dan sebelumnya semestinya harus menjalani karantina. Namun, pada kenyataannya dua pasien tersebut tetap bekerja.

Risma juga menyampaikan bahwa  saat ini Pemkot Surabaya tengah melakukan tracing atas temuan kasus positif Covid-19 di pabrik rokok tersebut. Disisi lain, pihaknya juga terus melakukan rapid test dan tes swab terhadap ratusan karyawan pabrik tersebut secara bertahap. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai persebaran Covid-19. Sebanyak 323 karyawan yang telah menjalani rapid test juga sudah diisolasi dan ditempatkan di salah satu hotel di Surabaya.
Ketua Tim Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Joni Wahyuhadi telah berkoordinasi dengan pimpinan PT HM Sampoerna terkait masalah tersebut.

Tenaga medis juga telah menindaklanjuti kasus tersbeut dengan mengambil sampel swab terhadap 163 orang karyawan lainnya. Mereka diperiksa menggunakan metode tes polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium, sambil menunggu hasil swab yang diperkirakan keluar dalam satu atau dua hari. Selain itu, 323 karyawan di pabrik rokok itu telah menjalani rapid test yang hasilnya, 100 orang di antaranya reaktif.

BACA JUGA  Skenario Belajar di Rumah di Persiapkan Sampai Akhir 2020

sedangkan, Tim Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim tengah melakukan penelusuran lebih lanjut untuk mendalami temuan tersebut sebagai upaya memutus rantai penularan virus corona. Dengan adanya kasus tersebut, Surabaya kini masih menjadi episentrum penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Setelah klaster pasar dan asrama haji, pabrik rokok Sampoerna di kawasan Rungkut, Surabaya, ini berpotensi menjadi klaster baru penularan Covid-19.

Tutup pabrik

Dengan adanya kasus tersebut, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) memutuskan untuk menutup salah satu fasilitas produksinya, yakni pabrik Rungkut 2 di Surabaya, dan area sekitarnya setelah karyawan yang bekerja di pabrik tersebut dinyatakan positif terpapar virus corona.

Diketahui penutupan pabrik dilakukan sejak 27 April, untuk pembersihan dan sanitasi sekaligus memutus rantai penyebaran virus. Dalam keterangan resminya, Elvira Lianita Direktur PT HM Sampoerna Tbk, mengakui telah menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik Rungkut 2 sejak 27 April 2020 menyusul 100 karyawannya dinyatakan reaktif dalam rapid test dan dua pegawainya meninggal dunia.

About dewi

Check Also

8 Sabun Cuci Muka untuk Memutihkan wajah Terbaik, Permanen, Pria & Wanita | Terbaru 2020

Perawatan kulit adalah sebuah kegiatan yang umum dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan kulit. Banyak sekali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *