fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Lagi, Fenomena Ubur-Ubur Muncul dalam Jumlah Banyak

Lagi, Fenomena Ubur-Ubur Muncul dalam Jumlah Banyak

Sumber: Tekno Tempo.co

Ribuan ubur-ubur membuat geger warga Kecamatan Mayangan, Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Banyaknya hewan bertubuh lunak menjadi perhatian warga sekitar. Pasalnya jumlah ubur-ubur tersebut  sampai menutupi permukaan air laut.

” Untuk sekarang lagi musim ubur-ubur, biasanya setahun sekali akan datang ubur-ubur dan jumlahnya begitu banyak. Dan airnya sedang pasang, ubur-ubur suka di air yang hangat,” ujar Hari Pramono, salah satu warga sekitar pelabuhan, dikutip dari Warta Bromo.

Kemunculan ribuan ubur-ubur bukan hal yang langka, namun memang merupakan fenomena tahunan. Meskipun begitu, tak sedikit warga yang dibuat penasaran hingga menyaksikan langsung kemunculan ubur-ubur tersebut. Menurut salah satu warga, mengatakan bahwa kemunculan ubur-ubur tersebut menjadi hiburan tersendiri.

Namun demikian, warga tetap diharuskan untuk berhati-hati agar tidak terkena sengatan ubur-ubur. Karena sengatan hewan ini dapat menimbulkan rasa yang amat gatal. Senin (20/4/2020)

Sumber: Warta Bromo

” Bagi kami, hal itu tidak mengganggu aktivitas jegur (mandi) laut. Tapi Bagi lainnya keberadaannya cukup menggangu. Tidak bahaya, yang bahaya koksangkok, kata orang Madura, yaitu ubur-ubur kecil dan buntutnya panjang, tapi ubur-ubur putih ini biasa saja,” kata Hari yang juga Ketua Asosiasi Sahabat Laut itu.

BACA JUGA  Sharp Rilis Dua Smartphone Anyar Mereka, Aquos Zero2 dan Aquos R3, Ini Dia Spesifikasinya

Dampak yang ditimbulkan dengan munculnya ubur-ubur tersebut antara lain:

Mengganggu aktivitas memancing

Bagi pemancing ikan disekitar pelabuhan, keberadaan ubur-ubur ini sangat mengganggu. Mereka tidak bisa mendapat hasil tangkapan seperti biasanya meskipun  telah memasang umpan berjam-jam. Hal ini sangatlah mengganngu, karena ikan menjadi menjauh,

Membuat air keruh

Fenomena ini juga membuat air laut menjadi keruh. Faktanya, dalam beberapa tahun terakhir, hewan pemakan plankton itu berkoloni di sepanjang laut utara Probolinggo. Ubur-ubur berpindah dari perairan Australia ke Selat Madura yang suhunya lebih hangat.

Menjadi hiburan

Dengan kemunculan ubur-ubur ini, menjadi perhatian warga setempat. Pasalnya sebagian warga melihat fenomena ini sangatlah unik dan muncul hanya sekali dalam setahun saja.

Menurut informasi, ubur-ubur ini terlihat sudah sepekan memenuhi perairan di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

About dewi

Check Also

8 Tanaman Janda Bolong Jenis Terbaik, Asli & Termahal – Terbaru 2020

Tanaman hias merupakan sebuah tanaman yang sering dijadikan hiasan di dalam rumah maupun di luar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *