Breaking News
Home / Review Product / Kiprok : Alat yang Kecil tetapi Besar Pengaruhnya

Kiprok : Alat yang Kecil tetapi Besar Pengaruhnya

Para penggemar otomotif motor, sudah tidak asing lagi mendengar kata kiprok. Kiprok memiliki nama lain yaitu rectifier regulator memiliki pengaruh terhadap awet atau tidaknya sebuah aki. Biasanya jika terjadi masalah pada kelistrikan motor, komponen inilah yang menjadi pusat pengecekan kerusakan tersebut. Kiprok dengan kualitas buruk, pastinya menyebabkan produk tersebut tidak awet. Sehingga dapat menyebabkan beberapa masalah pada motor anda, yang sangat menganggu dalam berkendara, maupun membuat motor tidak dapat menyala sama sekali.

Fungsi utama dari kiprok ini adalah sebagai penyetabil atau stabiliser maupun menahan arus listrik dari spul lalu diteruskan ke aki. Kebanyakan jenis motor dengan merk yang sama, memiliki jenis kiprok yang sama, sehingga memudahkan kita bila mengalami kerusakan kiprok dan dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru. Komponen ini menjadi sangat penting dan perlu kita perhatikan dalam tubuh motor kita, agar nantinya tidak terjadi masalah yang signifikan pada motor kita. Untuk anda yang tidak mengerti bagaimana cara merawat dan mengetahui kondisi kiprok kita, sebaiknya rutinlah membawanya ke tempat service resmi yang tersedia, agar dapat dicek secara berskala.

Bagaimana cara merawat kiprok dengan benar ?

Bagaimana cara merawat kiprok dengan benar ?

Agar kiprok kita tidak mudah rusak, maka kita harus merawatnya dengan benar. Contoh merawat kiprok dengan benar adalah dengan cara, selalu mengecek rutin kelistrikan pada motor anda, dan melakukan diagnosa mandiri seperti apakah ada komponen yang rusak atau tidak. Bila ada segera perbaiki atau ganti yang baru, agar tidak menyebar ke komponen lain seperti kiprok.

Apa fungsi utama kiprok untuk motor kita ?

Apa fungsi utama kiprok untuk motor kita ?

Kiprok merupakan salah satu komponen penting dalam motor kita. Kiprok memiliki banyak fungsi, dengan fungsi utamanya yaitu :

– Sebagai penstabil arus dan tegangan

– Sebagai penyearah arus

– Sebagai penstabil arus ke lampu

Dengan kiprok yang baik dan berkualitas, tentunya motor kita memiliki arus dan sistem kelistrikan yang baik. Tanpa adanya kiprok, arus listrik dan kelistrikan motor akan menjadi kacau, bahkan motor tidak dapat menyala.

Bagaimana gejala bila kiprok motor kita mengalami masalah ?

Bagaimana gejala bila kiprok motor kita mengalami masalah ?

Bila kiprok pada motor anda mengalami masalah, maka anda akan mengalami ciri – ciri sebagai berikut :

– Lampu motor sering mati

– Lampu menjadi lebih redup

– Aki sering tekor

– Mesin kendaraan tiba – tiba mati

Apa penyebab rusaknya kiprok pada motor kita ?

Apa penyebab rusaknya kiprok pada motor kita ?

Kiprok pada motor dapat mengalami kerusakan karena usia, atau faktor lain karena kesalahan dari pengendaranya. Seperti motor sering over heat saat digunakan, menggunakan motor mencapai batas over heatnya dan kita masih memaksakan mengendarai motor tersebut, dapat membuat kiprok menjadi rusak. Dan tegangan sumber kelistrikan kita yang tidak stabil, juga dapat merusak kiprok motor kita.

Kiprok menjadi unsur komponen yang penting dalam motor anda, maka rajinlah mengecek komponen yang ada pada motor anda, atau sering membawanya ke service rutin agar motor anda tetap aman dan nyaman saat digunakan.

About arz

Check Also

As Roda Motor : Bagian Tersembunyi Pada Motor yang Layak Diperhatikan

As merupakan sebuah poros yang sering digunakan sebagai sumbu ataupun pusat sebuah lingkaran roda. As …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *