fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanCORONA UPDATELuar Negeri

Kini, Brazil Jadi Episentrum Baru Covid-19

Tercatat data Brasil menjadi episentrum baru kasus pandemi Covid-19. Jumlah kasus Covid-19 di negara itu kini mencapai 363.211 kasus atau terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat yang melaporkan 1,6 juta kasus. Lonjakan kasus penularan Covid-19 di Brasil kian diperburuk insiden kasus baru yang juga tinggi di beberapa negara Amerika Selatan lainnya.

Kementerian Kesehatan Brasil menyatakan bahwa jika dihitung sejak Sabtu (23/5/2020), jumlah kasus baru Covid-19 di Brasil mencapai 15.813 kasus sehingga total kasus menjadi 363.211 kasus. Selain itu, pada Minggu (24/5/2020) terdapat 653 kasus meninggal akibat Covid-19 di Brasil sehingga total kasus meninggal di negara tersebut mencapai 22.666 kasus.

Penularan Covid-19 yang sangat cepat di Brasil merupakan akibat dari kombinasi dari sikap yang terkesan meremehkan, protokol kesehatan yang tidak dijalankan maksimal, dan ketidaksatuan suara antara pemimpin nasional dan negara bagian. Sejumlah kalangan di negara itu telah memperingatkan, banyaknya korban yang berjatuhan menyebabkan fasilitas-fasilitas kesehatan mendapat tekanan yang besar hingga bisa kolaps.

BACA JUGA  Ilmuan Prediksi Lempeng di Samudera Hindia Akan Terbelah Dua, Apa Efeknya?

Meremehkan

Presiden Brasil Jair Bolsonaro sendiri terus meremehkan Covid-19 dengan menyebutnya sebagai ”flu kecil”. Ia pun terus memaksa pembukaan kembali aktivitas ekonomi karena, menurut dia, kebijakan untuk tetap berada di rumah selama pandemi akan menghancurkan ekonomi.

Sikap Bolsonaro itu mirip dengan Presiden AS Donald Trump yang pada awal pandemi meremehkan penyakit ini serta menyebut kasus Covid-19 di AS sedikit dan ”akan hilang”. Bolsonaro juga berselisih pandangan dengan pejabat Kementerian Kesehatan tentang penanganan pandemi Covid-19 di negaranya. Dalam rentang waktu satu bulan, Brasil kehilangan dua menteri kesehatan yang memilih mundur setelah berseberangan pandangan dengan Bolsonaro dalam menangani pandemi Covid-19. Salah satu perbedaan itu, antara lain, terkait penggunaan hidroklorokuin dalam proses perawatan pasien Covid-19.

Larangan dari AS

Penambahan kasus Covid-19 di Brasil yang semakin mengkhawatirkan membuat Gedung Putih mengeluarkan larangan bepergian bagi warga AS yang akan masuk AS dari Brasil. Dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam, Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan, larangan itu berlaku juga bagi semua warga negara di luar AS yang dalam 14 hari sebelum masuk AS pernah berada di Brasil.

BACA JUGA  Tokopedia Diretas, 15 Juta Data Pengguna Bocor! Ini Penjelasannya

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close