fbpx
Home / Gaya Hidup / Beauty / Kamu Memiliki Lingkar Hitam pada Sekitar Mata? Ternyata Ini Penyebabnya

Kamu Memiliki Lingkar Hitam pada Sekitar Mata? Ternyata Ini Penyebabnya

Biasanya kurang tidur dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada mata yang biasa disebut dengan mata panda. Hal ini tentu menyebabkan seseorang terlihat lebih tua dan mudah tidak percaya diri. Namun sebenarnya penyebab dari mata panda ini ada yang tidak dapat diubah dan juga ada yang dapat diubah.

Untuk mengetahui penyebab mata panda yang tidak bisa diubah atau permanen adalah sebagai berikut.

  1. Keturunan

Seorang dengan keturunan mata panda pada anggota keluarganya umumnya memiliki kondisi yang sama, bahkan seiring bertambahnya usia kondisi tersebut akan semakin tampak.

  1. Usia

Biasanya kita sering melihat orang tua yang memiliki lingkar hitam pada matanya. Alasan dibalik hal tersebut adalah kulit mereka mengalami penipisan seiring bertambahnya usia. Selain itu adanya penurunan produksi lemak dan kolagen pada sekitar mata juga dapat terjadi.

Sementara itu penyebab mata panda yang dapat dirubah adalah sebagai berikut.

  1. Gaya hidup

Seseorang yang terbiasa merokok serta mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan timbulnya lingkar hitam pada sekitar mata. Selain itu orang yang gemar mengonsumsi kopi atau zat bersifat stimulan yang dapat menyebabkan sulit tidur sehingga mata panda bisa terbentuk.

  1. Paparan sinar matahari yang berlebih
BACA JUGA  Inilah Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Cara Mudah Dan Alami

Seseorang yang terlalu banyak terkena sinar matahari akan membuat tubuh memproduksi melamin atau zat pewarna pada kulit yang menyebabkan kulit tampak gelap. Selain itu kolagen akan terpecah yang membuat kulit lebih tipis dan membuat pembuluh darah lebih terlihat sehingga membuat sekitar mata terlihat hitam.

  1. Abnormalitas pigmentasi dan penipisan kulit

Saat kulit tipis, maka pembuluh darah pada sekitar mata akan terlihat yang menyebabkan lingkar hitam pada sekitar mata. Selain itu faktor usia juga menyebabkan kulit menjadi lebih tipis.

  1. Alergi

Saat seseorang mengalami alergi, hal itu akan menyebabkan melebarnya pembuluh darah yang berjalan pada sekitar mata. Kebiasaan menggosok mata serta akumulasi cairan pada bawah mata juga mengakibatkan lingkar hitam pada sekitar mata.

  1. Eksim atau dermatis

Peradangan ini akan menyebabkan hiperpigmentasi yang akan memunculkan lingkar hitam pada sekitar mata. Selain itu kulit juga akan menjadi kering dan terasa gatal. Eksim ini dapat ditemukan pada sekitar kulit di bawah mata dan pada kulit bagian lain.

  1. Retensi cairan
BACA JUGA  Ternyata Teh Celup Dapat Digunakan Untuk Mengatasi Masalah Pada Mata, Simak Penjelasanya!

Keadaan ini biasa terjadi pada seseorang yang hamil. Retensi cairan dapat juga diakibatkan oleh konsumsi garam yang berlebih, kondisi ini ditandai dengan peningkatan berat badan.

  1. Selulitis periorbital

Infeksi kulit ini sering terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh trauma dan sinusitis. Kondisi ini akan membuat lingkar hitam serta bengkak pada mata bahkan juga dapat mengganggu penglihatan. untuk mengembalikannya pada kondisi normal, pemberian antibiotik yang tepat sangat disarankan.

Itulah tadi beberapa hal penyebab dari lingkar hitam pada sekitar mata atau biasa disebut dengan mata panda. Untuk kamu yang ingin menghilangkan kondisi mata panda ini, cek cara menghilangkan mata panda atau cara menghilangkan kantung mata.

About syharil

Check Also

8 Butter Terbaik, Merk & Jenis Butter Terenak | Terbaru 2020

Butter adalah sebuah campuran makanan yang sering digunakan oleh orang pada umumnya untuk dijadikan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *