fbpx
Gaya Hidup

Kamu Harus Tahu! Ternyata Ada Fakta Ilmiah Tentang Cinta, Simak Penjalasan Berikut Ini

Umumnya kebanyakan orang bingung saat ditanya tentang cinta, kadang kala cinta tidak selalu berjalan dengan mulus. Cinta sangat sulit didefinisikan, cinta merupakan hal yang sangat susah untuk dimengerti karena sifat abstraknya. Namun meskipun begitu, beberapa hal yang terkait dengan cinta ternyata ada yang dapat dipahami oleh ilmu pengetahuan.

Dilansir dari Suara.com, inilah beberapa fakta tentang cinta yang patut kamu ketahui.

  1. Antara cinta dan nafsu akan direspon secara berbeda oleh otak

Yang dinamakan cinta dan nafsu memanglah berbeda, bahkan sains pun juga menunjukkan bahwa otak pada manusia merespon secara berbeda dua hal tersebut. Dalam penelitiannya, otak menunjukkan bahwa cinta merupakan kebutuhan yang mendasar bagi seseorang, cinta juga akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Tidak hanya perasaan namun cinta juga merupakan sebuah keputusan

Saat seseorang jatuh cinta, maka ia akan menyesuaikan dengan ritme dan kebiasaan serta perasaan pasangannya. Hal ini dikarenakan mereka ingin membuat satu sama lain bahagia. Namun tidak hanya persoalan tersebut, cinta juga merupakan sebuah keputusan yang harus dibuat, yakni antara kamu harus memilih untuk tetap jatuh cinta atau berjalan menjauh di saat kamu mengalami masalah dengan pasanganmu.

  1. Kamu bisa meningkatkan kemampuan jatuh cinta
BACA JUGA  Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Baru-baru ini meditasi menjadi praktek yang digandrungi, karena tidak hanya baik pada kesehatan mental, namun meditasi ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan dalam jatuh cinta. Hal ini dikarenakan meditasi akan membantumu dalam mengatasi rasa takut dan marah, hal ini juga akan membuatmu menjadi lebih mudah berempati dan jatuh cinta.

  1. Jatuh cinta dapat berdampak positif pada kesehatan

Memang sangat membahagiakan apabila kita mengalami jatuh cinta dan dicintai. Namun ternyata menurut penelitian, hal tersebut akan membuatmu lebih sehat, dijelaskan bahwa mereka yang merasa kesepian dan sendirian akan lebih rentan terkena penyakit. Sebaliknya, apabila mereka berada dalam hubungan romantis akan cenderung hidup lebih lama.

  1. Cinta akan membuatmu menjadi sosok yang menginspirasi

Saat kamu mengalami sebuah cinta, hal ini dapat membuatmu menjadi lebih berempati, peduli, dan penuh kasih sayang. Hal ini juga bukan hanya bagimu, namun kamu juga dapat membuat orang lain terinspirasi untuk berbuat sesuatu yang serupa denganmu, atau bahkan lebih.

  1. Terkadang cinta memang harus dipelajari
BACA JUGA  Inspeksi Dadakan, Kedatangan Ganjar di Pabrik Rokok Penuh Histeris

Saat kamu jatuh cinta, berarti kamu harus saling percaya dan membuka diri terhadap pasanganmu. Hal ini dikarenakan saat kamu jatuh cinta maka otakmu akan mengirimkan sinyal yang dapat membangkitkan respons fight or flight. Respon tersebut biasanya akan muncul saat seseorang berada pada situasi yang mengancam. Hal inilah yang menyebabkan seseorang yang pernah mengalami trauma akan lebih sulit jatuh cinta. Kadang mereka harus belajar untuk bisa menerima diri sendiri dan orang lain terlebih dahulu untuk kembali merasakan sebuah cinta.

Itulah tadi beberapa fakta unik serta menarik dari cinta, meskipun cinta itu rumit yang kadang dapat membuat bahagia dan juga sedih, namun hal ini tidak merubah fakta bahwa setiap orang pasti membutuhkan sebuah cinta.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close