fbpx
KesehatanTrik & Tips

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Manfaat Tersembunyi Dari Jahe

Jahe merupakan rempah yang sudah terbukti khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Selain dapat digunakan sebagai bumbu masak, jahe juga dapat digunakan untuk membuat minuman.

Jahe mengandung antioksidan dan nutrisi yang membantu mencegah dan menangani arthritis, inflamasi, dan berbagai macam infeksi.

Dikutip dari Suara, berikut ini adalah manfaat jahe bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengurangi gas dan meningkatkan proses pencernaan

Dalam riset menunjukkan bahwa, enzim yang ada didalam jahe dapat membantu tubuh memecah dan mengeluarkan gas yang terbentuk didalam saluran usus saat proses pencernaan.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan proses pencernaan sehingga akan membantu untuk meredakan masalah-masalah perut seperti sembelit.

  1. Meredakan rasa mual

Penelitian mengungkapkan bahwa 1500 mg ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala mual. Hal itu juga dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan meredakan mual setelah mendapatkan pengobatan kanker.

  1. Meredakan sakit demam dan flu

Pada tahun 2013, dilakukan penelitian antara jahe kering dan jahe segar terhadap salah satu virus pernapasan di sel-sel manusia, hasilnya jahe segar dapat melindungi sistem pernapasan sementara jahe kering tidak memiliki manfaat yang sama.

BACA JUGA  Pasien Terlalu Banyak, Rumah Sakit Di Jawa Timur Telah Kelebihan Kapasitas
  1. Meredakan rasa sakit

Selain dapat meredakan nyeri otot setelah berolahraga, jahe juga dapat meredakan dismenore atau nyeri haid. Meskipun begitu, penelitian ini diketahui bahwa yang terlibat seringkali adalah studi yang kecil atau berkualitas rendah.

  1. Mengurangi inflamasi

Pada tahun 2017 lalu, ditemukan bahwa fitokimia dalam jahe dapat melawan inflamasi. Meskipun begitu, penelitian ini masih belum meneliti lebih jauh untuk melihat berapa banyak dosis yang dibutuhkan dan jenis ekstrak jahe apa yang digunakan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jahe dapat membantu menjaga kesehatan jantung, hal ini dibuktikan dalam sebuah studi kecil ditemukan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi terjadinya normalitas jantung pada tikus yang mengidap diabetes. Penelitian itu mencatat pengurangan ini dapat bercabang, dalam bagian, dari kandungan antioksidan dalam ekstrak tersebut.

  1. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan yang terkandung dalam jahe dapat menurunkan beberapa jenis stres oksidatif yang terjadi saat radikal bebas menumpuk dalam tubuh. Diketahui bahwa radikal bebas adalah zat yang diproduksi oleh metabolisme dan faktor lainnya. Tubuh yang perlu menyingkirkan radikal bebas tersebut akan mencegah sejumlah penyakit, termasuk kanker.

BACA JUGA  Inilah Syarat Untuk Peserta UTBK Tahap II Menurut Surat Edaran LTMPT

Itulah beberapa manfaat yang dapat diambil dari mengonsumsi jahe, supaya lebih merasakan manfaatnya, konsumsilah jahe secara teratur setiap hari.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close