fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam Negeri

Kak Seto: Banyak Anak Stress & Ingin Kembali ke Sekolah

Sumber: monitor.co.id

Dengan nada tegasnya, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi yang sering disapa dengan Kak Seto mengungkapkan bahwa banyak anak yang stres setelah menjalani pembelajaran di rumah.

“Banyak anak anak yang mengalami stres, tertekan. Salah satunya adalah kadang di dalam cara orang tua menghadapi putra putri tercinta para orang tua sekarang harus menjadi guru tiba-tiba di dalam rumah,” ujar Kak Seto di Kantor BNPB pada Sabtu (25/4/2020).

Menurut pendapat Kak Seto, para anak-anak merasa tertekan karena orang tua yang terlalu memaksakan anak untuk memahami pembelajaran.

“Dan kemudian mencoba untuk menjelaskan, menerangkan, kadang-kadang memaksa hal ini dicapai oleh putra putri sendiri sehingga akhirnya yang muncul adalah anak-anak tertekan,” ujar Seto Mulyadi.

Kak Seto juga menuturkan bahwa beberapa anak menginginkan kembali untuk mengikuti kegiatan belajar dan berkumpul kembali bersama teman teman di sekolah.

Selebihnya menurut pendapatnya, cara pengajaran para guru yang lebih persuasif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran membuat anak-anak nyaman untuk diajar.

BACA JUGA  Darah Pasien Sembuh Corona Dijual Dipasar Gelap dengan Harga Fantastis

“Beberapa rindu kembali ke sekolah, bertemu dengan ibu guru atau bapak guru yang menjelaskannya,” jelas Kak Seto. Seperti diketahui bahwa selama masa pandemi virus corona atau Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengganti belajar mengajar di sekolah menjadi kegiatan di rumah.

Dalam rangka mengikuti tagar #stay at home ini, siswa dianjurkan untuk mengikuti pembelajaran yang ditayangkan melalui TVRI. Yang mana program pembelajaran ini berlangsung setiap hari Senin-Minggu. Program ini, tersedia untuk semua tingkat mulai PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK. Bahkan terdapat program khusus juga untuk guru dan orang tua murid.

Beredar informasi bahwa Kemendikbud sedang merancang program belajar dirumah yang dirancang sampai akhir tahun. Diketahui program ini merupakan langkah antisipasi jika mana virus corona ini belum juga berhenti.

Nah,berikut ini, ada beberapa tips bagi kalian yang merasa bosan dalam melakukan pembelajaran di rumah:

  1. Kerjakan semua tugas saat pagi hari

Jika kalian dapat tugas dari guru, segeralah kerjakan tugas tersebut tanpa ditunda. Pagi hari adalah saat efektif dan baik untuk belajar.

  1. Dengarkan music jika merasa bosan
BACA JUGA  Viral, Ikan Arwana Kesayangan Bayu yang Seharga 2 Juta Ini Malah Digoreng Sang Ayah Tanpa Izin

Dalam proses mengerjakan tugas dari guru, kalian juga bisa mendengarkan music dikala penat akan tugas yang menumpuk

  1. Sediakan snack ringan

Snack ringan ini sebagai pendukung disaat kalian belajar ya. Jika saat sedang puasa, tahan dulu untuk ngemil, tunggu sampai waktu berbuka tiba.

Nah, uraian diatas adalah beberapa contoh untuk menghilangkan penat kalian saat belajar online dirumah. Selamat mencoba.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close