fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / KAI Berhenti Beroperasi, Simak Prosedur Pembatalan Tiket Kereta Api Berikut!

KAI Berhenti Beroperasi, Simak Prosedur Pembatalan Tiket Kereta Api Berikut!

Sumber: Wikipedia

Pada tanggal 24 April 2020 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghentikan seluruh perjalanan kereta api sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah, hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk menanggapi hal itu, Eva Chairunisa selaku Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta menjelaskan prosedur jika konsumen ingin melakukan pembatalan tiket dengan langsung mendatangi stasiun. Yaitu dengan dengan mendatangi salah satu dari delapan stasiun Daop 1 Jakarta yang telah ditunjuk serta harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Konsumen dapat datang ke Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota, Bekasi, Cikampek, Bogor, Paledang, Rangkasbitung, serang. Dengan waktu operasional hari Senin-Minggu, pukul 08.00-16.00 WIB,” jelas Eva lewat siaran pers diterima, Rabu (29/4).

Berikutnya, pembatalan keberangkatan kereta api jarak jauh dan lokal dapat dilakukan di loket stasiun di semua stasiun keberangkatan.

“Pembatalan tiket wajib membawa ID atau KTP asli dan fotokopi,” jelas Eva. Eva mengingatkan kembali, bila diwakilkan, maka kartu keluarga tidak dapat menjadi berkas untuk menggantikan surat kuasa. Tegasnya, “Jadi jika diwakilkan wajib melampirkan surat kuasa bermaterai Rp 6000, dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan dan membawa identitas asli sesuai nama pemilik tiket.”

BACA JUGA  Wow, Profesor di Sumatera Selatan Temukan Anti Virus Covid-19

Di stasiun, konsumen harus mengisi formulir pembatalan terlebih dahulu dengan melampirkan kode booking tiket. Nantinya uang yang telah dibayar sebelumnya akan dikembalikan 100 persen kepada konsumen secara tunai.

Eva menambahkan, prosedur pengembalian uang secara langsung ini dilakukan untuk mengamankan uang konsumen sehingga tidak terjadi kerugian atau kesalahan pada pengembalian biaya tiket.

Untuk konsumen yang membutuhkan informasi lainnya terkait pembatalan tiket sebelum ke stasiun, dapat menghubungi layanan pelanggan di saluran telepon contact center line (021)121.

“Informasi perjalanan KA juga dapat diketahui melalui saluran resmi lainnya milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Acces, website resmi kai.id, layanan pelanggan cs@kai.id dan sosial media @keretaapikita @kai121_,” ujar Eva.

Untuk area Daop 1 Jakarta sendiri, pemberhentian ini telah dimulai sejak hari Jum’at, 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020 untuk seluruh keberangkatan dan kedatangan kereta api jarak jauh maupun lokal.

About syharil

Check Also

Kabar Baik! Pemerintah Siapkan Kuota Internet Gratis untuk Pembelajaran Daring

Para provider berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik bagi para pelanggannya, seperti Tri yang juga menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *